Main Menu

Lagi-lagi Kebakaran di Gunung Guntur

Tian Arief
16-10-2015 20:08

Gunung Guntur (jelajah.co)

Bandung, GATRAnews - Gunung Guntur di Garut Jawa Barat kembali terbakar. Hutan seluas 10 hektare di gunung yang "langganan" kebakaran itu, terbakar pada Jumat (16/10). "Hutan yang terbakar diperkirakan mencapai 10 hektare lokasinya di Puncak Dua, masuk Kecamatan Leles," kata TB Agus Sofyan, Kepala Seksi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, melalui telepon seluler kepada Antara, Jumat malam.

Agus menuturkan, kebakaran hutan itu diketahui setelah masyarakat melapor ke BPBD Garut, Jumat, sekitar pukul 10.00 WIB. Hingga menjelang malam, kegiatan pemadaman masih terus diupayakan.

BPBD, tuturnya, berkoordinasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah V Garut, dibantu masyarakat sekitar, berupaya memadamkan api dengan peralatan sederhana. "Petugas BKSDA dan masyarakat tengah berupaya memadamkan api dengan cara manual," katanya.

Soal penyebab kebakaran, Agus mengaku belum mengetahuinya secara pasti. Tetapi dugaan sementara karena faktor alam, yakni cuaca yang kering.

"Diperkirakan faktor alam, sebab apa pun yang ada di hutan dapat dengan mudah terbakar saat musim kemarau ini," katanya.

Kepulan asap akibat kebakaran hutan yang tampak sudah gundul itu menjadi perhatian masyarakat yang melintas di jalur utama Bandung-Garut, bahkan warga di kawasan kota Garut.

Kepulan asap tersebut cukup terlihat jelas dibeberapa tempat, seperti di Kecamatan Karangpawitan yang jaraknya lebih jauh daripada kawasan Garut kota.

Seorang warga Karangpawitan, Ferdiansyah, mengatakan, dia melihat dua kepulan asap tebal di Gunung Guntur.

"Kebakarannya mungkin besar membakar lahan hutan, karena kepulan asapnya sangat jelas terlihat dari rumah saya," tuturnya.


Editor: Tian Arief

Tian Arief
16-10-2015 20:08