Main Menu

Ares Janekson Juarai Canon PhotoMarathon Area Jakarta

Tian Arief
25-10-2015 08:06

Ares Jonekson Saragi (tengah) menerima hadiah sebagai Juara Umum Canon PhotoMarathon Indonesia 2015 area Jakarta, dari Presiden Direktur PT Datascrip Irwan Kamdani (kiri), didampingi Direktur Divisi Canon PT Datascrip Merry Harun. (Dok Datascrip)

Jakarta, GATRAnews - Ares Janekson Saragi dinobatkan sebagai Juara Umum Canon PhotoMarathon Indonesia (CPMI) 2015 area Jakarta, yang berlangsung di Mal @Alam Sutera, Tangerang, Sabtu (24/10). Atas prestasinya di bidang fotografi itu, pemuda itu berhak memboyong satu unit kamera DSLR Canon EOS 100D dan perjalanan photo clinic ke Jepang bersama Juara Umum CPMI Yogyakarta dan Bali, serta para juara utama di negara-negara penyelenggara CPM Asia 2015. 

"Dalam perjalanan photo clinic tersebut, para peserta akan mendapat bimbingan langsung dari fotografer profesional papan atas. Mereka bakal mendapat banyak pengalaman dan ilmu fotografi, untuk kemudian diterapkan dan dibagi bersama komunitas fotografi masing-masing," kata Merry Harun, Direktur Divisi Canon PT Datascrip, saat acara penyerahan hadiah, Sabtu sore.

Merry menambahkan, Ares dan seribuan penggemar fotografi lainnya berlomba menampilkan kreativitas masing-masing, dengan juri terdiri dari Ray Bachtiar (Fotografer Profesional), Yuliandi Kusuma (Fotografer & Pewarta Foto), Setiadi Darmawan (Fotografer Profesional), Denny Herliyanso (Fotografer Profesional), Effendi Suryajaya (Fotografer Profesional), dan Novan Kurnia Chandra (Koordinator Tim Kreatif PT Datascrip).

CPMI 2015 area Jakarta ini digelar setelah lomba serupa di Yogyakarta dan Bali. Sebanyak 1874 peserta memenuhi atrium utama Mal @Alam Sutera Tangerang. Para peserta terdiri dari penggemar fotografi dari berbagai latar belakang, termasuk para pelajar dalam kategori khusus pelajar.

Pada Canon PhotoMarathon Indonesia tahun ketujuh ini dan juga tahun-tahun sebelumnya, Canon dan PT Datascrip tidak membatasi menggunakan merek kamera tertentu, melainkan terbuka bagi seluruh pecinta foto pengguna kamera digital dengan merek apa pun dan semua peserta memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pemenang.

Tak hanya itu, di ajang ini para peserta pun dibekali dengan wawasan dan informasi seputar fotografi dari Ferry Ardianto, seorang fotografer profesional yang telah berkarya selama lebih dari 20 tahun. Para peserta terlihat antusias dengan penjelasan dan pengalaman yang dibagikan Ferry. Sesi tanya jawab dengan pembicara pun menjadi kesempatan berharga bagi para peserta Canon PhotoMarathon Indonesia 2015 untuk menambah lagi pengetahuan dan keterampilan.

Atrium Utama Mal @Alam Sutera Tangerang, dipenuhi 1.874 peserta Canon PhotoMarathon Indonesia 2015. (Dok Datascrip)

Canon PhotoMarathon Indonesia 2015 lebih dari sekadar lomba foto, melainkan juga ajang silaturahmi akbar antara para pehobi fotografi, baik yang tergabung dalam komunitas maupun yang non-komunitas. Selain sesi lomba yang ditujukan untuk mengasah kreativitas fotografis para peserta, ajang ini juga menjadi sarana bagi para komunitas pecinta foto untuk berkumpul dan saling berbagi. Pertemuan seperti ini tentunya membuka dan memperluas jaringan komunikasi antara fotografer maupun komunitas, baik dari daerah yang sama maupun berbeda-beda.

“Penyelenggaraan Canon PhotoMarathon Indonesia yang telah berlangsung selama tujuh tahun telah menjadi momentum penting bagi para penggemar fotografi di Tanah Air. Ajang tahunan ini seperti sebuah pesta atau perayaan yang bukan hanya menjadi sarana mengasah kreativitas dan keterampilan fotografi, melainkan juga menjadi momen silaturahmi antara penggemar fotografi. Dengan munculnya juara-juara baru di setiap kota beserta karya-karya mereka yang memukau, kami berharap Canon PhotoMarathon Indonesia bisa menginspirasi sekaligus berkontribusi untuk memajukan dunia fotografi Tanah Air,” tutur Merry Harun.

Sesi lomba terbagi dalam tiga sesi dengan tiga tema. Tema 1 yaitu “Bentangan”, Tema 2 “Bersiap-siap”, dan Tema 3 “Corak Nusantara”. Para peserta tampak begitu antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian lomba. Mereka mengeksplorasi seluruh sudut ruangan mal dan juga lingkungan di luar mal, untuk mendapatkan gambar terbaik.


Editor: Tian Arief

Tian Arief
25-10-2015 08:06