Main Menu

Presiden Jokowi Tinjau Sekolah Bungker Asap di Jambi

Dani Hamdani
30-10-2015 15:42

Presiden Jokowi saat berkunjung ke SDN 181 Kota Jambi, 30 Oktober 2015 (Dok GATRAnews/Zeily Nurachman)

Jambi, GATRAnews -  "Kok beda ya, ruangan ini (model bungker) lebih sejuk," kata Presiden Joko Widodo saat masuk ke ruang kelas di Sekolah Dasar Negeri 181 Lebak Bandung, Kota Jambi, pada Jumat siang ini. Sebelumnya Presiden masuk ke ruang kelas yang belum dipasang saringan udara.

 

Jokowi mengunjungi sekolah "bungker asap" tersebut usai salat Jumat  di Masjid Al-Fallah atau dikenal juga dengan masjid seribu tiang Kota Jambi, Provinsi Jambi dalam kunjungan kerja di Jambi. 

 

Jokowi didampingi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya.

 

Presiden sempat berbincang bincang dengan para siswa dan guru sebentar. Presiden juga meraba langsung filter penyaring, ventilasi, dan aquarium yang sudah terpasang. 

 

"Saya senang, Presiden tahu ada solusi sederhana dari ITB," kata Zeily Nurachman, Guru Besar Kimia ITB, sang pemrakarsa rumah bungker asap tersebut.

 

Menurut Zeily, konsep rumah bungker asap tersebut adalah hasil kerja tim. "Ada Pak Eddy Suyono (teknisi), Pak Priyadi Hadi (arsitek), Pak Ananto Kusuma Seta (staf khusus Kemendikbud), juga bantuan teman-teman alumni Kimia ITB," katanya.

 

Yang lebih penting, lanjut Zeily, konsep tersebut akan diadopsi oleh Kemendikbud dengan nama Sistem Sekolah Aman Asap atau disingkat SSAA.

 

Presiden Jokowi sendiri untuk pertama kalinya bisa berkunjung ke Jambi. Sebelumnya rencanan kunjungan ke Jambi tidak terlaksana karena tebalnya asap.  

 

Presiden yang baru kembali dari Amerika Serikat kemarin pagi di Palembang, memilih berkantor sementara di Sumatera Selatan.

 

Presiden tiba di Bandara Jambi pukul 11.45 WIB dari Bandara Palembang menggunakan pesawat Kepresidenan ditemani ibu negara. Usai mengunjungi SD 181 Jokowi makan siang di rumah makan Aneka Rasa Kota Jambi.

 

Agenda terakhir Jokowi adalah mengunjungi orang rimba di Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD) Kabupaten Sarolangun. Jokowi akan mengunakan helikopter untuk tiba di pemukiman orang rimba tersebut.

 

Menurut agenda, Jokowi inggin melihat langsung penanganan orang rimba yang terdampak asap akibat kebakaran hutan dan lahan.


Editor: Dani Hamdani  

Dani Hamdani
30-10-2015 15:42