Main Menu

Garuda Hentikan Sementara Penerbangan ke Bali dan Banyuwangi

didi
04-11-2015 16:23

Bandara Ngurah Rai, Bali ditutup (ANTARA/Nyoman Budhiana)

Jakarta, GATRAnews - PT Garuda Indonesia Tbk untuk sementara menghentikan penerbangan dari dan menuju Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali, dan Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, karena adanya ancaman abu vulkanis dari erupsi Gunung Barujari, anak Rinjani, di Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang membahayakan penerbangan.

VP Corporate Communication Garuda Indonesia, Benny S. Butarbutar, mengatakan, penghentian penerbangan tersebut dilakukan mulai hari ini hingga Kamis (5/11), menyusul kebijakan otoritas penerbangan setempat yang menutup kedua bandara tersebut.

"Garuda untuk sementara waktu menghentikan operasi penerbangan, mengingat erupsi Gunung Rinjani dengan sebaran abu vulkaniknya dapat membahayakan keselamatan penerbangan,” katanya dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Rabu (4/11).

Berdasarkan Notice to Airman (NOTAM No: A2472/15) yang dikeluarkan otoritas penerbangan setempat menyebutkan bahwa Bandara Ngurah Rai dan Bandara Blimbingsari dinyatakan tertutup unutk sementara waktu.

"Kami akan terus memonitor situasi dan perkembangan berkaitan dengan aktivitas Gunung Rinjani serta kesiapan Bandara Ngurah Rai Denpasar dan Bandara Belimbingsari untuk kembali melaksanakan operasional penerbangan," tuturnya.

Sementara itu, meskipun posisi Gunung Rinjani berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat, sesuai NOTAM yang telah dikeluarkan, Bandara Internasional Lombok tetap dibuka. "Penerbangan Garuda dari dan ke Lombok sampai saat ini masih berjalan dengan normal," ujar Benny.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
04-11-2015 16:23