Main Menu

Warga Ciamis Tangkap Macan Tutul Buta

Tian Arief
09-11-2015 23:12

Macan tutul/ilustrasi (negeri-tercinta.blogspot.com)

Bandung, GATRAnews - Sejumlah warga Ciamis menangkap seekor macan tutul (Panthera Pardaus Melas), yang tergeletak di kaki Gunung Sawal, Dusun Kersamenak, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (9/11).

Endang Respita, seorang warga yang menemukan macan tersebut, kepada Antara mengatakan, macan tutul yang terluka itu pertama ditemukan sekitar pukul 07.00 WIB, di kebun dalam kondisi tidak berdaya.

"Macan tutul itu diduga sudah mati. Tapi setelah dicoba dibangunkan, ternyata masih hidup dan akan menerkam warga," kata Endang.

Mata kanan macan tutul itu buta dan terdapat luka pada bagian kepala, yang diduga bekas berkelahi dengan hewan liar lainnya di hutan.

"Diduga macan sebelumnya berkelahi dan mengalami luka hingga turun gunung," katanya.

Hewan yang dilindungi itu selanjutnya diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah III Ciamis.

Macan berjenis kelamin jantan tersebut diperkiraan berusia 8 sampai 10 tahun, dengan panjang 125cm, tinggi 45 cm dan berat sekitar 20 kg.

Selanjutnya BKSDA menyerahkan satwa dilindungi tersebut ke lembaga konservasi Taman Satwa Cikembulan, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, untuk mendapatkan perawatan intensif.

Penangkapan kucing besar yang senang memanjat pohon itu di Ciamis merupakan kesekian kalinya, dan semuanya diserahkan ke Taman Satwa Cikembulan.


Editor: Tian Arief

Tian Arief
09-11-2015 23:12