Main Menu

Longsor di Purworejo Tewaskan 7 Orang

Ervan
06-02-2016 10:08

Tebing jalan yang longsor (antara foto)

Jakarta, GATRAnews - Hujan deras dan kondisi tanah labil menyebab longsor di Desa Penungkulan, Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah pada Jumat (5/2) pukul 17.00 Wib. Longsor menimbun 3 rumah di bawahnya. Tujuh orang yang tinggal di rumah tersebut tertimbun longsor.

 

Informasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dua orang sudah berhasil dievakuasi dalam kondisi meninggal dunia yaitu Suprapti (P, 45) dan Erni Yulianti (P, 8). Sedangkan lima orang masih tertimbun longsor.

 

Petugas gabungan pada Jumat malam menghentikan pencarian korban karena hujan dan kondisi gelap sehingga melanjutkan pada Sabtu pagi  ini (6/2). Lima orang yang masih tertimbun longsor adalah:

1. Salimah (P, 60).

2. Triyanto (P, 9).

3. Sumini (P, 80).

4. Fitri (P, 16).

5. Amat Sarengat (L, 80).

 

"BPBD Purworejo bersama TNI, Polri, SAR, SKPD, relawan dan masyarakat masih melakukan upaya pencarian korban," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, lewat pesan singkat, Sabtu (6/2).

 

Sementara itu, hujan deras yang merata juga menyebabkan banjir setinggi 1 m di Desa Rowobayen Kec Kutoarjo dan Desa Pucangagung Kec Bayan Kab Purworejo.75 orang mengungsi di Mako Brimob Purworejo.

 

Sutopo juga mengingatkan masyarakat untuk waspada ancaman banjir, longsor dan puting beliung. 

 

"Hujan bulan Februari masih tinggi dan berpotensi memicu bencana. Masyarakat di daerah rawan longsor seperti di bagian tengah dan Selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur agar selalu meningkatkan kewaspadaannya," ucap Sutopo.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Dani Hamdani 

 

 

Ervan
06-02-2016 10:08