Main Menu

Obat dan Makanan Kadaluarsa Senilai Rp 7 juta Dimusnahkan

Nur Hidayat
14-02-2016 10:04

Ilustrasi pemusnahan obat dan makanan(ANTARA/Ahmad Subaidi)

Jayapura, GATRAnews- Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Jayapura memusnahkan 55 jenis obat dan makananan kadalursa hasil dari operasi gabungan nasional (Opgabnas) yang dilakukan rutin setiap tahunnya. Dari 55 jenis itu terkumpul sebanyak 2453 kemasan dengan nilai ekonomi sekitar Rp 7 juta lebih.

Pelaksana harian (Plh) Kepala Balai Besar POM Jayapura, Tikurara Bumbungan menuturkan barang kadaluarsa ini ditemukan pada 5 toko kelontongan dan satu supermarket yang berada di Kota Jayaura.

“Ini temuan sejak November 2015 yang tidak ditindaklanjuti ke proses hukum ke pengadilan, setelah dilakukan gelar kasus. Nilai barang yang dimusnahkan ini tak seberapa, tetapi kalau dilihat dari dampak kesehatan akan sangat berbahaya jika mengkonsumsi produk kadaluarsa,” ungkapnya usai pemusnahan barang kadaluarsa yang dilakukan di pelataran kantor balai POM Jayapura, Jumat (12/2).

Balai POM mengkliaim terus melakukan pengawasan terhadap obat dan makanan di Papua, demi untuk melindungi masyarakat dan mencegah beredarnya produk obat dan makanan yang tidak memenuhi syarat mutu dan keamanan.

“Kami meminta kepada pelaku usaha agar tak mengedarkan produk yang kadaluarsa dan masyarakat tetap diminta perhatikan KIK yakni Kemasan, Izin Edar dan Kadaluarsa. Lihat kemasannya apakat rusak atau tidak, berkarat atau peyote, izin edarnya ada atau tidak serta harus teliti memperhatikan tanggal kadaluarsa,” pungkas dia.


Reporter: LLL

Editor: Nur Hidayat 

Nur Hidayat
14-02-2016 10:04