Main Menu

Gempa 6,1 SR Guncang Garut, Warga Berhamburan

Iwan Sutiawan
06-04-2016 23:49

Alat pencatat gempa (Gatra/Ardi Widi Yansah/yus4)

Jakarta, GATRAnews - Gempa berkekuatan pada 6,1 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Garut, Jawa Barat, pukul 21.45 WIB, Rabu malam (6/4). Menurut laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pusat gempa terdapat pada posisi 101 kilometer Barat Daya Kabupaten Garut.

"Pusat gempa berasa di Samudera Hindia pada kedalaman 10 kilometer, tidak berpotensi tsunami," kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), melalui keterangan tertulis yang diterima GATRAnews, di Jakarta, Rabu.

Gempa itu terbilang dangkal dan berada pada sisi dalam lempeng Eurasia. Karena pusatnya dangkal, gempa itu sangat dirasakan masyarakat di Selatan Jawa Barat, sebagian Banten, dan Jawa Tengah.

"Gempa terasa cukup kuat selama 3-4 detik di Kabupaten Garut. Masyarakat berhamburan ke luar rumah," kata Sutopo.

Gempa terasa kuat juga dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten Cianjur, Tasikmalaya, Sukabumi, Ciamis, dan Kota Bandung. Daerah di selaran Garut menerima guncangan paling keras karena berdekatan dengan pusat gempa. Masyarakat sebagian keluar rumah.

"Gempa degan intensitas sedang dirasakan oleh masyarakat di Bogor, Lebak, Pandeglang selatan, Jakarta, Purwakarta, dan Ciamis," ujar Sutopo.

Berdasarkan intensitas gempa dirasakan di Garut IV-V MMI, di Tasikmalaya III-IV MMI, Bandung II-III MMI, dan Lembang II-III MMI. "Belum ada laporan kerusakan dan laporan korban jiwa akibat gempa. BPBD masih melakukan pendataan," katanya.


Reporter: Iwan Sutiawan
Editor: Tian Arief

Iwan Sutiawan
06-04-2016 23:49