Main Menu

Gajah Mati; Ridwan Kamil Ajak Warga Bandung Boikot Kebun Binatang

Dani Hamdani
12-05-2016 07:07

Walikota Bandung Ridwan Kamil menengok Yani di Kebun Binatang Bandung, Rabu, 11 Mei 2016. Sore harinya Yani matii. (GATRAnews/instagram/@ridwankamil)

Bandung, GATRANews - Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil mengajak warga untuk memboikot Kebun Binatang Bandung akibat matinya seekor Gajah bernama Yani, pada pukul 6 sore kemarin, Rabu (11/5/2016). Seruan itu disampaikan Kang Emil, sebutan walikota Bandung, lewat akun jejaring media sosial instragramnya, yakni @ridwankamil dengan tanda pagar #BoikotBonbinBDG 

 

Kabar sakitnya Yani sudah tersebar sejak beberapa hari lalu. Ridwan Kamil pada Rabu pagi sempet menengok kondisi Yani yang menjadi salah satu penghuni Kebun Binatang di Jalan Taman Sari, berseberangan dengan Kampus Institut Teknologi Bandung, itu.

 

Gajah berusia 34 tahun itu lumpuh, terbaring di jerami serta terlindung terpal berwarna biru selama satu pekan lebih serta dinyatakan mati pada Rabu sekitar pukul 18.00 WIB di Kebun Binatang Bandung.

 

Kebun Binatang Bandung, salah satu ikon Kota Kembang itu, ternyata bukan milik Pemkot Bandung, melainkan dikelola yayasan swasta di atas tanah milik pemerintah secara sewa.

 

Dalam pesan sebelumnya, pada Rabu siang, Emil menyatakan telah berkali-kali menegur manajemen kebun binatang itu agar memperbaiki tata kelolanya. Emil juga menyatakan akan mengirimkan dokter hewan untuk memeriksa penghuni kebun binatang tersebut.

 

Namun Tuhan berkehendak lain, Yani mati beberapa jam setelah ditengok. Maka seruan memboikot Yani ditulis Emil di akun @ridwankamil itu pada Rabu (11/5) malam.

 

"Barusan kabar masuk. Gajah yang tadi pagi ditengok yang bernama Yani ini mati jam 18-an. ;( Karena ini bonbin milik pribadi, saya akan pelajari dan cari upaya hukum. sementara itu Ayo lawan dengan #BoikotBonbinBDG," ujar alumnus Institut Teknologi Bandung tersebut.

 

Hingga Kamis pagi ini, pukul 07.23 WIB, tercatat 45.340 orang yang menyukai dan 2.544 komentar dari netizen terkait kiriman Emil tentang kematian gajah sumatera (Elephas maximus sumatrae) tersebut.


Editor: Dani Hamdani 

Dani Hamdani
12-05-2016 07:07