Main Menu

Pemprov DKI Luncurkan Kartu Jakarta One

didi
02-06-2016 17:31

Peluncuran kartu Jakarta One (ANTARA/Aprilio Akbar/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Pemprov DKI Jakarta, Bank Indonesia, dan BPD DKI Jakarta meluncurkan kartu Jakarta One bagi warga DKI, sebagai kartu identitas elektronik dan memiliki nilai (value). "Kartu sakti" ini bisa digunakan untuk transaksi transportasi, akses sarana kesehatan, dan pembayaran pajak dan retribusi.

Selain itu, bisa juga untuk pembayaran sarana utilitas, seperti listrik, telepon, air minum, gas dan BBM.

Peluncuran prototype kartu ini dilaksanakan oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo dan Direktur Utama Bank DKI, Kresno Sediarsi.

"Dengan kartu ini, Pemrov DKI akan dapat mengelola informasi mengenai pola aktivitas dan pergerakan warganya dalam akses ke sarana publik," kata Kresno, di Jakarta, Kamis (2/6).

Kresno mengatakan, kartu Jakarta One dibuat agar Pemrov DKI dapat memformulasikan kebijakan yang berpihak kepada kebutuhan masyarakatnya atas sarana publik.

Ia menambahkan, Pemprov DKI dapat memberikan berbagai program insentif untuk mempengaruhi prilaku warganya mendukung kebijakan publik, misalnya dengan pemberian program subsidi transportasi kepada para penghuni rumah susun dan pemegang kartu Jakarta Pintar.

Saat ini peluncuran kartu ini untuk 2016 masih dilakukan secara terbatas untuk segmen masyarakat yang mendapat subsidi, seperti penghuni rumah susun dan secara bertahap akan diperluas cakupannya pada 2019.

"Jakarta One akan mendorong terbentuknya masyarakat digital dan terbentuknya Jakarta Smart City. Peran Bank DKI adalah pendukung Pemprov DKI," tuturnya.


Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Tian Arief

didi
02-06-2016 17:31