Main Menu

Mensos Kembali luncurkan E-Warong

Dani Hamdani
21-08-2016 23:35

Mensos Khofifah Indar Parawansa meresmikan E-Warong di Palembang, Sumatera Selatan, 21 Agustus 2016. (GATRA/Arif Sugi)

Palembang, GATRAnews - Kota Palembang menjadi tempat ke-11 untuk peresmian e-warong (warung gotong royong elektronik). Targetnya pada 2016, 300 e-warong sudah resmi beroperasi di kantung-kantung wilayah penerima program keluarga harapan (PKH) dari Kementerian Sosial.

 

Dijelaskan oleh Mensos Khofifah Indar Parawansa saat meresmikan e-warong di Kecamatan Sebrang Ulu, Kota Palembang, Sumatera Selatan (21/08), e-warong merupakan cara penyaluran dana bantuan sosial dari Program Keluarga Harapan (PKH) yang menyasar masyarakat pra-sejahtera yang disalurkan secara langsung ke rekening bank penerima.

 

Cara ini, kata Mensos merupakan penyaluran bantuan sosial non-tunai. Dengan menggandeng Bank pemerintah dan Perum Bulog, bantuan dapat diambil di gerai e-warong yang juga sebagai penerima bantuan dari PKH.

 

Gerai e-warong ini, dapat dimanfaatkan untuk penyaluran bahan kebutuhan makanan pokok yang didistribusikan oleh Bulog. “Tentu harganya pun jauh lebih murah. Karena Bulog, banyak memutus mata rantai distribusi,” kata Khofifah.

 

Sebelumnya, penyaluran bantuan PKH diberikan secara tunai, yang rawan penyalahgunaan dalam pendistribusian dan dinilai kurang efektif. “Dengan e-warong, bantuan akan lebih tepat sasaran,” kata Mensos.

 

Mensos berharap, e-warong yang telah diluncurkan ini, dapat direplikasi di kecamatan-kecamatan lainnya. Dengan begitu, bantuan yang bertujuan untuk memperkecil angka kemiskinan ini dapat berjalan efektif.


Reporter: ARS

Editor: Dani Hamdani 

 

Dani Hamdani
21-08-2016 23:35