Main Menu

Penyematan Topi Papua kepada Menhan: Lambang Diangkatnya Menjadi Anak Adat Skow-Wutung

Nur Hidayat
21-09-2016 20:10

Menhan Ryamizard Ryacudu mendapat penyematan topi kehormatan Papua (GATRAnews/Khatarina Lita)

Jayapura, GATRAnews - Menteri Pertahanan, Ryamizard Ryacudu dinobatkan sebagai anak adat Suku Skow-Wutung, dimana masyarakat kedua suku itu mendiami daerah perbatasan antara Indonesia dan Papua Nugini. Penobatan anak adat itu ditandai dengan penyematan topi khas Papua. Pemberian topi tersebut juga menjadi pesan dari masyarakat Papua, terutama yang berada di perbatasan Indonesia dan Papua Nugini untuk meminta Ryamizard menjaga tapal batas antara kedua negara, baik Indonesia dan Papua Nugini.  

"Dengan menjaga masyarakat dari keamanan, otomatis kesejahteraan juga akan mengimbangi," kata Ondoafi Skow Yambe, Yans M. Malo Saat ditemui GATRAnews, usai penyematan topi khas Papua. Dirinya pun berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah memperhatikan pembangunan dan masyarakat di wilayah perbatasan. Sebab, pemimpin sebelumnya tak pernah ada yang fokus tentang masalah perbatasan. "Masyarakat di perbatasan Indonesia dan Papua Nugini telah memiliki pasar perbatasan dan menjadi salah satu tempat untuk memasarkan hasil kebun warga," jelasnya.

Tak hanya itu saja dalam kunjungannya ke perbatasan Indoneia dan Papua Nugini, Menhan juga menandatangani pesan bela negara diatas kain putih sepanjang 172 meter. Menhan menyebutkan penyelundupan di perbatasan Papua dan Papua Nugini menjadi salah satu ancaman nyata dan harus cepat ditangani. "Alutsista yang mendesak akan segera diberikan. Saya akan ytanyakan hal ini nanti kepada Panglima Kodam Cenderawasih," katanya. 

Sementara untuk ancaman kepada kriminal bersenjata di Papua, tetap akan menjadi perhatian dan perlu adanya kerjasama intens antara Panglima Kodam Cendrawasih dan Kapolda Papua. Pagi tadi, Menhan terbang ke Merauke untuk mengunjungi masyarakat di perbatasan dengan Papua Nugini yang terletak di Sota. "Program ke Papua untuk melihat pembangunan di perbatasan. Di Sota, Menhan direncanakan akan bertemu dengan masyarakat setempat," ucap Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Letkol Inf Teguh Pudji Rahardjo.


Reporter: Katharina Lita

Editor: Nur Hidayat

Nur Hidayat
21-09-2016 20:10