Main Menu

Presiden Tunjau Pembangunan LRT di Cibubur

Ervan
30-09-2016 12:03

Presiden Joko Widodo (kanan) dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meninjau proyek LRT (ANTARA/Widodo S Jusuf/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Presiden Joko Widodo meninjau proyek pembangunan kereta api ringan Light Rail Transit (LRT) Jakarta – Bogor – Depok – Bekasi (Jabodebek), di KM.13, Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (30/9) pagi. Presiden tiba di lokasi sekitar pukul 08:30 WIB.

 

Setelah mendengarkan laporan perkembangan proyek LRT dari Menteri BUMN Rini Soemarno dan Dirut Adhi Karya Budi Harto, Presiden Jokowi melihat secara langsung  U-Shaped Girder pertama di Indonesia yang akan dinaikkan ke tiang pancang.

 

Dalam peninjauan proyek ini Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri PU Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama, Staf Khusus Presiden Johan Budi,  dan Dirut Adhi Karya Budi Harto.

 

Dirut PT Adhi Karya Budi Harto menjelaskan, sejak dilakukan groundbreaking oleh Presiden Jokowi pada 9 September 2015 lalu, proyek pembangunan LRT telah memasuki pengerjaan struktur pada Lintas Pelayanan 1 Cawang – Cibubur (14,5 km) dan Lintas Pelayanan 3 Cawang – Bekasi Timur (18,5 km). Untuk Lintas Pelayanan 2 Cawang – Kuningan – Dukuh Atas (10,5 km) dalam tahap persiapan.

 

“Lintas Pelayanan 1 dan 3 sudah dalam tahap pengerjaan pondasi, pier, pier head, dan U-Shaped Girder. Sedangkan Lintas Pelayanan 2 memasuki tahapan detil desain dan koordinasi Dinas terkait Pemerintah Provinsi DKI Jakarta,” jelas Budi.

 

Menurut Budi Harto, saat ini kemajuan pekerjaan konstruksi Lintas Pelayanan 1 mencapai kurang lebih 15 persen. Sedangkan untuk kemajuan pekerjaan Jalur Layang Lintas Pelayanan 3 kurang lebih mencapai 6 persen.

 

“Diperkirakan akhir 2018 lintasan pertama Cibubur-Cawang beroperasi. Kemudian kedua yakni lintasan Cawang-Bekasi Timur akhir 2019,” jelas Budi.

 

Sesuai dengan rencana TOD (transit oriented development), menurut Budi, stasiun nantinya terkoneksi dengan gedung apartemen dan rusunawa. Paling penting nanti Bekasi Timur dilengkapi dengan Taman.

 

Setelah meninjau proyek LRT di Cibubur, Presiden Jokowi melanjutkan perjalanan ke Dukuh Atas, Jakarta Pusat untuk meninjau Proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Dani Hamdani  

 

Ervan
30-09-2016 12:03