Main Menu

Cara Ridwan Kamil Bikin Bandung (Lebih) Hijau

Andya Dhyaksa
28-10-2016 17:22

Walikota Bandung keluarkan Peraturan Bangunan Hijau (Twitter/@RidwanKamil)

Bandung, GATRAnews - Pemerintah Kota Bandung resmi meluncurkan Peraturan Walikota Bandung No.1023/2016 tentang Bangunan Gedung Hijau untuk mengurangi konsumsi energi, emisi CO2, dan konsumsi air dari gedung bangunan. Dalam beleid yang diluncurkan Kamis (27/10/16) itu, Dinas Tata Ruang dan Ciptakarya (Distarcip) Kota Bandung berhak tidak memberikan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) jika gedung atau bangunan tidak menerapkan konsep hijau sesuai Perwal 1023 tadi. 


 

Walikota Bandung Ridwan Kamil menyatakan, bila seluruh ketentuan diterapkan, maka dalam lima tahun ke depan Kota Kembang itu dapat menghemat penggunaan listrik hingga 25% dan air hingga 40%.

 

”Sebagai salah satu kota besar di Indonesia dengan tingkat pertumbuhan dan urbanisasi yang tinggi, Bandung perlu melakukan penghematan listrik dan air. Sehingga listrik dan air nantinya dapat digunakan bagi prioritas pembangunan lainnya, seperti LRT, dan lain sebagainya,” kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

 

Menurut Emil, lima tahun ke depan, diperkirakan akan ada lebih dari 2,7 juta meter persegi gedung yang telah mematuhi ketentuan tersebut. Jumlah itu setara dengan 100 kali luas Gedung Sate. Sedangkan bila dikonversi dalam rupiah, penghematan listrik dapat lebih dari 140 ribu Mwh, setara dengan lebih dari 16 juta US$,” kata Emil.

 

Lingkup dari Peraturan Walikota ini meliputi seluruh bangunan baru, baik yang berskala besar (diatas 5.000 meter persegi), maupun bangunan kecil (kurang dari 5.000 meter persegi), termasuk rumah tinggal. Peraturan ini merupakan yang pertama di Indonesia yang memiliki persyaratan wajib dan sukarela dalam satu peraturan.

 

Emil mengancam, jika ada gedung atau bangunan dengan luas lebih dari 5.000 meter persegi ternyata kedapatan tidak menerapkan konsep green building ketika rampung, maka gedung tersebut akan disegel karena dianggap menyalahi peraturan.

 

Guna mempermudah implementasi Peraturan Walikota tersebut, diluncurkan beberapa perangkat alat bantu pendukung, yaitu situs www.distarcip.building.go.id/greenbuilding yang berisi berbagai informasi mengenai bangunan gedung hijau di Kota Bandung.

 

Selain itu, juga ada system aplikasi online bagi pemohon Rekomendasi Teknis sebagai prasyarat untuk memperoleh IMB dan User Guide yang dapat digunakan sebagai petunjuk desain dan implementasi persyaratan bangunan gedung hijau.


Reporter: Andya Dhyaksa

Editor: Dani Hamdani  

Andya Dhyaksa
28-10-2016 17:22