Main Menu

BPN Pernah Rekomendasikan Beli Langsung Lahan Kedubes Inggris

Abdul Rozak
09-12-2016 22:13

Jakarta, GATRAnews - Badan Pertanahan Nasional (BPN) sudah memberikan lampu hijau pembelian lahan eks Kedutaan Besar Kerajaan Inggris di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) oleh Pemprov DKI Jakarta. Lahan dan bangunan di jantung Ibu Kota itu ditaksir senilai kurang lebih Rp 500 milyar.


Kedutaan Besar Kerajaan Inggris menawarkan lahan dan bangunannya kepada Pemprov DKI Jakarta pada era Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi). Negosiasi pun langsung dilakukan saat itu antara pihak kedutaan dan Pemprov DKI Jakarta.

"(Rekomendasi BPN) boleh langsung beli. Itu bukan punya negara, tapi Kerajaan Inggris," ujar Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki T. Purnama di Mega Kuningan, Jakarta Pusat, Jumat (9/12).

Basuki menuturkan peruntukan lahan eks Kedutaan Besar Kerajaan Inggris adalah taman aspirasi, tempat masyarakat berunjuk rasa. Selain itu sebagai command center Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT), Transjakarta dan lainnya.

Pemprov DKI juga berencana membuat taman pandang di lahan eks Kedutaan Besar Kerajaan Inggris. Taman tersebut langsung menghadap ke air mancur Bundaran HI (Tugu Selamat Datang).

"Rekomendasi sudah dari tahun 2015. Malah sudah ada MoU pembelian dilakukan oleh Pak Jokowi ketika jadi Gubernur DKI Jakarta. Enggak tahu (sekarang disebut lahan milik negara)," pungkas Ahok.


Reporter: Abdul Rozak
Editor: Arief Prasetyo

Abdul Rozak
09-12-2016 22:13