Main Menu

Jalur Puncak-Cipanas Macet Sepanjang 5 Kilometer

Tian Arief
25-12-2016 19:22

Cianjur, GATRAnews - Pada hari libur Natal ini, Minggu (25/12), di jalur Puncak Cipanas hingga Cianjur, Jawa Barat, terjadi kemacetan arus lalu lintas. Panjangnya diperkirakan mencapai 5 kilometer. Sejumlah pengemudi dengan tujuan Cianjur mengaku sudah terjebak kemacetan selama lima jam di jalur tersebut. Padahal, dalam kondisi normal mereka biasanya hanya perlu waktu 45 menit dari Cianjur.

fIndra Kurniawan, 25 tahun, warga Kelurahan Solokpandan, Cianjur, mengatakan, sepanjang Jalur Ciawi hingga Puncak, antrean kendaraan sudah memanjang. Saat memasuki Jalur Puncak-Cipanas, kendaraan terpaksa terhenti beberapa menit, seiring dengan meningkatnya volume kendaraan.

"Saya pikir menjelang siang arus di Jalur Puncak-Cipanas, akan tetap lancar karena saat pagi melintas menuju Bogor, arus kendaraan tergolong normal dari kedua arah. Eh pas pulang macetnya di Pertigaan Hanjawar, sampai ke Pacet, saya baru sampai Cianjur setelah terjebak selama 5 jam," katanya.

Ratusan petugas Satlantas Polres Cianjur yang disebar di sejumlah titik rawan di sepanjang Jalur Puncak-Cianjur, membuat pagar betis untuk mengatur arus lalu lintas, dan mengurangi kemacetan, pada liburan Natal dan Tahun Baru ini. Bahkan sejumlah rekayasa arus telah dilakukan untuk mengantisipasi terus memanjangnya antrean kendaraan.

Sebagian kendaraan tujuan Cipanas atau sebaliknya dari arah Cianjur diarahkan untuk melalui jalur alternatif Hanjawar-Pacet untuk mengurangi kepadatan di Jalur Puncak.

Hal yang sama dilakukan petugas di Perempatan Loktian-Cianjur, dimana kendaraan dengan tujuan Puncak-Cipanas, diarahkan mengunakan jalur Gombong-Cugenang dan Sukabumi.

"Sore ini volume kendaraan pendatang dan wisatawan mulai berbaur sehingga jalur Puncak-Cianjur, terus dipadati kendaraan," kata Kasat Lantas Polres Cianjur AKP Erik S kepada Antara.

Dia menjelaskan, untuk mengantispasi terjadinya macet total di wilayah Puncak, pihaknya akan berkordinasi dengan Polres Bogor, untuk melakukan sistem satu arah menjelang malam. Sedangkan di wilayah Cipanas dan Kota Cianjur, pihaknya melakukan sejumlah rekayasa arus dan menebar banyak pertugas pengatur lalu lintas.

"Volume kendaraan kami perkirakan akan terus meningkat hingga malam pergantian tahun. Untuk antisipasi kami akan melakukan sejumlah rekayasa arus termasuk memasang pagar pemisah di sejumlah titik di Jalur Puncak hingga Jalur Pacet," katanya.


Editor: Tian Arief

Tian Arief
25-12-2016 19:22