Main Menu

PMI DIY Salurkan Rp 221 Juta untuk Pidie Jaya

Nur Hidayat
16-01-2017 15:27

Yogyakarta,GATRAnews - Palang Merah Indonesia (PMI) DI Yogyakarta akan menyerahkan bantuan yang terkumpul dari masyarakat kepada korban gempa di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Selama hampir satu bulan, PMI DIY berhasil mengumpulkan donasi dan sumbangan dari masyarakat hingga mencapai Rp 221 juta. Ketua PMI DIY, Gusti Bandoro Pangeran Haryo (GBPH) Prabukusumo menyatakan bantuan ini secara simbolis akan diserahkan melalui PMI Pidie Jaya pada Senin (16/1).

“Sehari setelah gempa terjadi di Pidie, kami pengurus sepakat untuk membuka posko pengumpulan bantuan bagi masyarakat Yogyakarta yang ingin membantu. Sampai ditutup tanggal 10 Januari kemarin, donasi yang terkumpul mencapai dua ratu jutaan lebih,” jelas Gusti Prabu, panggilan akrabnya, Minggu (15/1). Bantuan dari Yogyakarta akan diserahkan oleh Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI DIY, Arif Rianto Budi Nugroho bersama Jumali Wakil Sekretaris, dan Ketua PMI Bantul, Wirmon Samawi.

Tim direncanakan berada di Pidie Jaya pada 15 sampai 17 Januari. ''Kami berharap donasi dari masyarakat Yogyakarta dapat diterima oleh warga Pidie Jaya secara langsung dan dimanfaatkan sesuai kebutuhan, misalnya penyediaan tandon air guna memenuhi kebutuhan air bersih,'' tutur Gusti Prabu.

Dari informasi yang diterima PMI DIY, saat ini PMI Pidie Jaya sedang giat melakukan pemulihan terutama ketersediaan air bersih untuk warga. Bantuan yang terima ke depan akan diprioritaskan untk membangun tandon air sertak pelengkapan dan peralatan untuk pemulihan psikososial seperti alat lukis, buku gambar, serta permainan. 


Reporter: Arif Koes

Editor: Nur Hidayat

 

Nur Hidayat
16-01-2017 15:27