Main Menu

Lewat Aplikasi Smile Police, Warga Bisa Laporkan Polisi 'Nakal'

Rosyid
04-02-2017 15:44

Pemalang, GATRAnews – Kepolisian Resor Pemalang, Jawa Tengah melakukan launching SMILE POLICE jajaran Polda Jateng melalui video conference yang ada di masing-masing Polres dan dibuka langsung oleh Kapolri, Jenderal Pol. Tito Karnavian di Gedung Borobudur Polda Jateng, Sabtu (04/02)

Kapolres Pemalang, Kingkin Winisuda mengatakan Smile Police adalah layanan berbasis android dalam rangka meningkatan pelayanan publik yang berbasis ilmu teknologi (IT) di dalam institusi Polri,

“Smile Police adalah suatu sistem manajemen informasi dan layanan elektronik Polri yang berguna memudahkan masyarakat mendapat pelayanan kepolisian.Website  ini dirancang untuk mengintegrasikan seluruh sistem informasi dan aplikasi yang digunakan ke dalam web sesuai kebutuhan,” kata Kapolres dalam surat elektronik yang diterima GATRAnews, Sabtu (4/2).

Kingkin menjelaskan, Smile Police merupakan suatu rumah Pelayanan untuk publik yang didalamnya ber isi  aplikasi  yang meliputi Panic Button, E-Complaint, E-Bhabin dan Trust,E Publik Servis (Pelayanan SIM Online,SKCK Online dan SRC  Polda Jateng), E-Learning ( Pelayanan masyarakat yang berisi tentang soal-soal ujian teori Sim) sehingga diharapkan masyarakat tidak kesulitan dalam mengerjakan soal ujian teori dalam pembuatan Sim,karena sudah mempelajari terlebih dahulu.

Kemudian untuk aplikasi Panic Button masyarakat bisa menggunakan layanan ini  jika melihat atau mengalami tindak kejahatan,situasi genting lainnya yang membutuhkan bantuan Polisi.

“Cukup dengan ketuk tiga kali tombol SOS maka Polisi terdekat akan hadir di lokasi yang membutuhkan pertolongan. Jadi masyarakat  tidak perlu jauh-jauh datang melapor,” ujarnya.

Bahkan, melalui menu E-Complaint, masyarakat bisa menyampaikan keluhan atau laporan jika melihat ada oknum polisi nakal.

Kapolres Kingkin mengemukakan, aplikasi Smile Police ini adalah merupakan terobosan kreatif dari Polda Jawa Tengah dan bisa diakses melalui Hp android dengan terlebih dahulu registrasi ke dalam google dan mendownload aplikasinya pada play store HP android masing-masing.

“ Kami mengharapkan agar warga masyarakat Kabupaten Pemalang untuk mendukung program tersebut,demi terciptanya Polri yang Profesional modern terpercaya dan bebas dari KKN,” tandasnya.

Di Polres Pemalang, video conference di ikuti oleh Forkopimda,Kepala PT.Telkom, Rektor STIE Assoleh, STIT,P ejabat utama Polres Pemalang dan para Perwira staf yang  bertempat di ruang Command Center Polres Pemalang (Ruang Smile Police).




Reporter: Ridlo Susanto
Editor: Rosyid

Rosyid
04-02-2017 15:44