Main Menu

Ratusan Warga Sukerejo Pemalang Geruduk Balaidesa Lagi

Rosyid
09-02-2017 20:15



Pemalang, GATRAnews – Ratusan warga Sukorejo Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah kembali menggeruduk balaidesa Sukorejo menuntut supaya perangkat desa yang terlibat pungutan liar (Pungli) Program Agraria Nasional (Prona) Sertfifikasi tanah diberhentikan.

Sebelumnya Warga telah melaporkan Kepala Desa Sukorejo dan sejumlah perangkat desa karena diduga melakukan pungli dua tahun berturut-turut, yakni pada Prona 2016 dan 2017. Besar pungutan sebesar Rp600 ribu per bidang tanah. Selain itu, pelaksana Prona juga masih melakukan pungutan lagi sehingga jumlah keseluruhan mencapai Rp1 juta per bidang.

Kepala Desa Sukorejo, Rudi Harnoto dan dua perangkat desa, Suwarno dan Suwono dilaporkan oleh warga dengan nomor regsitrasi, No. Pol: STPLP/17/1/2017/Jateng/spkt rest PML.

Kapolres Pemalang AKBP Kingkin Winisuda melalui Kapolsek Ulujami AKP Bowo Widiyanto menjelaskan warga Sukorejo tetap ingin melakukan unjuk rasa ini dikarenakan kekesalan warga sudah memuncak. Warga ingin perangkat desa tersebut mengundurkan diri.

Ditengah situasi yang semakin memanas, aparat berusaha meredam suasana dengan menyampaikan penjelasan secara persuasif. “Dugaan kasus pungli yang dilakukan oleh oknum perangkat desa sudah dilaporkan ke Polres Pemalang, selanjutnya kita percayakan kepada Polisi sebagai aparat hukum untuk menyelesaikannya,” tegas Kapolsek, Rabu (8/2).

Selidik punya selidik, rupanya unjuk rasa itu tanpa ijin. “Mengumpulkan masa sebanyak ini harus ada pemberitahuan dan ijin, oleh karena itu saya ingatkan kepada agar unjuk rasa ini segera selesai dan membubarkan diri,” kata Kapolsek kepada pendemo.



Reporter: Ridlo Susanto
Editor: Rosyid


Rosyid
09-02-2017 20:15