Main Menu

Kasdim 0711 Pemalang: Kalau Perlu Tes Urine Narkoba Tiap Minggu!

Rosyid
19-02-2017 12:58

Pemalang, GATRAnews – Komando Distrik Militer (Kodim) 0711 Pemalang bekerja sama dengan Polres Pemalang dalam hal ini Satuan Reserse Narkoba (Satnarkoba) menggelar tes urine mendadak pada seluruh anggota Kodim.

Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0711/Pemalang Mayor Infantri Ahmad mengatakan pihaknya sengaja melakukan tes urine tanpa memberi tahu terlebih dulu pada anggota. Sebab, kata dia, jika diberitahu anggota yang merasa memakai narkoba tidak akan hadir dalam pengambilan tes urine tersebut.

“Pengambilan sample urine ini nantinya akan dilaksanakan setiap bulan dan kalau bisa setiap minggu, agar para anggota yang belum pernah merasakan narkoba jangan mencoba-coba untuk melakukannya, tegasnya, Sabtu (18/2), seraya menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi P4GN (Penyuluhan Pencegahan Pemberantasan dan Peredaran Gelap Narkoba).

Langkah ini, menurut Ahmad, adalah untuk mencegah sekaligus menangkal narkoba ke anggota,langkah ini sebagai bentuk antisipasi. Tes urine merupakan kegiatan rutin yag dilakukan di Kodim 0711 Pemalang. sejauh ini memang belum pernah ada anggota yang ditemukan terindikasi menggunakan narkoba. “ini sebagai tindakan pengamanan atau jaga-jaga,” ucapnya.

Ahmad mengemukakan, Kodim akan menggandeng Polres Pemalang secara kontinyu untuk memberikan pengarahan atau pemahaman tentang bahaya narkoba kepada personel TNI dan PNS di wilayah Kodim 0711 Pemalang. Pasalnya, peredaran narkoba sudah amat mengkhawatirkan. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya WNI maupun WNA yang tertangkap tangan menyelundupkan narkoba.

Ahmad berharap pelaksanaan tes urine tersebut, anggota Kodim bisa terhindar dari penyalahgunaan narkoba. Sementara ini, tidak ada yang terindisikasi menggunakan narkoba. “Dengan dilaksanakan kegiatan tes urine ini, mudah-mudahan ke depan kita dapat mengantisipasi, menghentikan dan menjauhi barang haram tersebut,”pungkasnya.


 

 

Reporter: Ridlo Susanto

Editor: Rosyid

Rosyid
19-02-2017 12:58