Main Menu

Cuaca Buruk, Bawang Merah di Cilacap Merangkak Naik

Rosyid
21-02-2017 16:50

Cilacap, GATRAnews – Banjir dan hujan intensitas tinggi yang terjadi di sentra bawang merah, Brebes, Jawa Tengah menyebabkan pasokan ke sejumlah daerah berkurang. Akibatnya, harga komoditas khas daerah Pantura perbatasan Jawa Barat itu naik.

Salah satu pedagang di Pasar Tradisional Cinangsi Kabupaten Cilacap, Ratiyem mengatakan bawang merah sejak awal pekan ini naik menjadi Rp40 ribu per kilogram, atau naik Rp8000 per kilogram dari dari harga semula. Pasokan bawang merah di pasar tradisional menurut dia menurun drastis akhir-akhir ini,

“Harga bawang merah itu sekarang jualnya Rp40 ribu per kilogram. Jualnya sama dengan bawang putih. (Sebelum naik) Rp32 ribu per kilogram,” katanya.

Tak hanya bawang merah, harga bawang putih menurut Ratiyem juga beranjak naik. Sebelumnya harga bawang putih Rp35 ribu per kilogram, kini menjadi Rp40 ribu di tingkat pengecer.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Brebes, Budiharso mengatakan pihaknya sementara ini baru menerima laporan ada 54 hektar tanaman bawang yang terendam. Namun, kata dia, dari jumlah ini tidak seluruh tanaman rusak. Pelaporan menurut Budiharso juga belum seluruhnya masuk.

“Padi yang terendam kemarin itu sejumlah ada 908 hektaran lah. Kalau bawang merah itu 54 hektar,” jelasnya.

Budiharso mengakui, tanaman bawang juga merupakan jenis tanaman yang riskan mengalami kerusakan jika terendam. Untuk itu, jika tanaman bawang sudah berbuah, dia menganjurkan petani segera memanen. Namun jika rusak belum berbuah, petani terpaksa melakukan tanam ulang.



Reporter: Ridlo Susanto
Editor: Rosyid

 

Rosyid
21-02-2017 16:50