Main Menu

Akibat Banjir Brebes, Petani Bawang Rugi Rp58,5 Miliar

Rosyid
23-02-2017 20:31

Brebes, GATRAnews – Ratusan petani bawang merah di Kabupaten Brebes rugi hingga puluhan miliar akibat rendaman banjir Brebes yang terjadi antara Kamis pekan lalu hingga Senin kemarin. Dari total 5800 hektar tanaman bawang di Brebes, 650 hektar diantaranya rusak.

“Untuk Kabupaten Brebes yang terendam banjir, itu sekitar 650 hektar. Mati semua, dan gagal panen, perhektar itubiaya yang dilakurkan, karena lebih dari satu bulan, mencapai Rp 70 juta. Yah dikalihkan saja ada 600 sekian hektar,” kata Ketua Asosasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) Kabupaten Brebes, Juwari, saat dihubungi, Kamis (22/2). Dengan perhitungan itu nilai kerugian mencapai Rp 58,5 miliar.

Juwari menjelaskan, sentra bawang merah yang terendam tersebar di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Brebes, Jatibarang dan Wanasari. “Di tiga kecamatan ini bawang merah berumur antara 30 hari hingga 60 hari lebih. Bawang merah dipastikan mati karena terendam.
 
Kerugian lainnya, adalah kerugian akibat panen dini yang dilakukan oleh petani. Menurut Juwari, banyak petani yang terpaksa memanen dini bawang merahnya karena terendam. Akibatnya, hasil panennya berkualitas rendan dan belum mencapai bobot optimal.

 “Kondisi ini berdampak mahalnya harga bawang merah di tingkat petani  yang mencapai Rp 27 ribu perkilogram. Sebelumnya harga bawang mereh mencapai Rp 24 ribu perkilogram,” ujarnya.

Selain menyebabkan kenaikan harga bawang merah, harga bibit juga mengalami kenaikan. Yakni dari Rp40 ribu per kilogram menjadi Rp45 ribu per kilogram bibit.

“Belum ada tindakan apa-apa, kita papras saja. Misalnya yang di Kecamatan Wanasari yang 290 hektar gagal panen ya, bagaimana  kita belum ada bibitnya. Kalau sudah ada bibitnya baru kita tanam lagi,” ujarnya. Kata dia, tiap lahan tiap hektar tanaman bawang merah memubutuhkan sekira 1,2 ton bibit bawang merah.

Juwari mengaku sudah berkomunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Brebes dan juga ABMI Pusat. Menurut dia, dari pembicaraan awal tersebut, pemerintah kemungkinan besar akan memberi bantuan kepada petani bawang. Namun, ia mengaku tak tahu bentuk bantuan dan teknisnya.




Reporter: Ridlo Susanto
Editor:  Rosyid

Rosyid
23-02-2017 20:31