Main Menu

Purbalingga Menyiapkan 18 Kampung KB pada 2017

Rosyid
01-03-2017 10:52

Purbalingga, GATRAnews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga, Jawa Tengah menarget pembentukan 18 Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB) pada 2017. Lewat Kampung KB, Pemkab bertekad meningkatkan pendidikan dan taraf hidup masyarakat.

Kepala Bidang Pengendalian Kependukdukan (Dalduk) pada Dinas Sosial Pengendalian Pendukung Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DINSOSDALDUK KB P3A) Purbalingga, Teguh Indriyono mengatakan dengan adanya program Kampung KB tersebut, bukan hanya KB saja yang ditingkatkan, namun juga kesehatan lingkungan, peningkatan perekonomian masyarakat, pendidikan dan kegiatan lainnya.

"Serial kampung KB nanti akan mendapatkan dana Rp 10juta -Rp 15 juta untuk mendukung program tersebut," katanya, melalui keterangan tertulisnya, Selasa malam (28/2).

Uniknya, hampir seluruh identitas kampung akan berhubungan dengan KBR. "Dalam kampung KB nanti akan dibangun gapura, yang bertujuan agar masyarakat merasa memiliki KB. Kemudian juga akan dibentuk nama-nama jalan dengan nama-nama istilah kontrasepsi, seperti UID, MOP dan lain-lain,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinsosdalduk KB P3A Purbalingga, Wahyu Ekonanto mengatakan pada tahun 2016 Pemkab Purbalingga sudah mendirikan tiga kampung KB, sedangkan tahun 2017 ini, akan ditambah masing-masing satu Kampung KBH per kecamatan sehingga total berjumlah 18 Kampung KB.

“Pembentukan Kampung KB adalah dalam rangka penguatan program kependudukan dan KB di wilayah agar terus meningkat,” jelas Eko.

Wahyu menjelaskan, pembentukan kampung KB dilakukan integral dan terkoneksi dengan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dengan begitu, Kampung KB dapat terfasilitasi dalam dokumen kependudukan, pelayanan catatan sipil, pendidikan serta peningkatan derajat hidup masyarakat.

Ke depan, kata Wahyu, tak tertutup kemungkinan jumlah kampung KB akan bertambah seiring kebutuhan. Bisa saja, Kampung KB akan didirikan di tiap desa.

"Kami berharap, dengan adanya kampung KB di salah satu RW di setiap desa nantinya diharapkan RW tersebut menjadi pelopor di desanya," pungkasnya.



Reporter: Ridlo Susanto
Editor: Rosyid

Rosyid
01-03-2017 10:52