Main Menu

Sineas Film Tapanuli Tengah Tagih Janji Bupati Bakhtiar Sibarani

Averos Lubis
06-03-2017 13:03

Artikel Terkait

Medan, GATRAnews - Pimpinan Kreatif di sanggar Pelangi Nusantara Sibolga, Hasridawati Tambunan mengatakan bahwa  calon Bupati Tapanuli Tengah yang meraih suara terbanyak pada Pilkada Bupati Tapanuli Tengah 2017, Bakhtiar Ahmad Sibarani yang maju bersama Darwin Sitompul diharapkan membantu sineas Tapanuli Tengah dalam berkarya membuat film.

 

 

“Dalam suatu kesempatan pak Bakhtiar akan mendukung pegiat film yang mengisahkan muatan unsur budaya dan sejarah di kota Tapanuli Tengah,” ujar Hasridawati, Senin (6/3).

 

Dia menjelaskan bahwa sanggar Pelangi Nusantara Sibolga telah memproduksi film berjudul: Rubiahku Tapian Nauli. Proses produksi film itu berlangsung pada November 2015-April 2016. Film ini beraliran romantisme yang dibalut dengan sisi kebudayaan yang menyangkut sosok Khalifah Alwi. Dia datang dari pasaman ke Tapanuli Tengah untuk menyiarkan agama Islam dan bertemu dengan gadis bernama Rubiah. Kisah ini mengambil dari kisah Batu Panjang Rubiah. “Mengangkat legenda sejarah di ujung kota Sibolga,” tuturnya.

 

Hasrida melanjutkan Bakhtiar Sibarani ketika menjadi Ketua DPRD Tapanuli Tengah (Tapteng) sudah mengetahui ada sebuah karya lokal dari sineas film Pelangi Nusantara Sibolga. Menurutnya, Bakhtiar telah memberi kabar salah satu bantuan moril pemerintahan Sibolga adalah mendukung  pengajuan bantuan dana produksi film Rubiahku Tapian Nauli  kepada Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Tapteng. “Dia (Bakhtiar-red) orang pertama di pemerintahan Tapteng mengetahui proses pengajuan bantuan itu pada 2016,” ucapnya.

 

Pelangi Nusantara Sibolga, menurutnya, sekarang ini telah memproduksi beberapa kepingan kaset berupa cd film dokumenter masyarakat Tapteng. Di antaranya Disuduk-Suduk dan Ketika Aku terjatuh.  “Sembari menunggu bantuan dana produksi dari Bappeda untuk film Rubiahku Tapian Nauli,” ujar Hasridawati Tambunan menjelaskan.

 

Menurut hasil keputusan KPU Tapanuli Tengah, pasangan Nomor Urut 1 Amin Pardomuan Napitupulu-Ramses Hutagalung meraih 44.103 suara (31%), dan pasangan Nomor Urut 2 Rantinus Simanalu-Muhammad Sodkhin Lubis meraih 22.937 suara (16%). Sedangkan pasangan Nomor urut 3, Bakhtiar Ahmad Sibarani-Darwin Sitompul meraih 63.298 suara (44,5%), dan pasangan Nomor urut 4, Buyung Sitompul-Binsar Saruksuk meraih 12.193 suara (8,5%).

 

Adapun sesuai hasil rekapitulasi KPU Tapanuli Tengah, jumlah suara yang sah sebanyak 142.531 suara, dan tidak sah sebanyak 2.383 suara, sehingga total pengguna hak pilih di Pilkada serentak 2017 ini berjumlah 144.914 suara.


Reporter   : Averos Lubis

Editor        :  Taufik Alwie

 

Averos Lubis
06-03-2017 13:03