Main Menu

Bantul Canangkan Kampung KB

Rosyid
07-03-2017 10:22

Yogyakarta,GATRAnews - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul mencanangkan Kampung Keluarga Berencana (KB). Ditargetkan tahun ini semua kecamatan di Bantul sudah mencanangkan satu kampung KB sebagai percontohan.

Dimotori Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPPKBPMD), Kampung KB yang pertama kali dicanangkan di Pedukuhan Dingkikan, Desa Argodadi, Kecamatan Sedayu, Bantul, Senin (6/3).

Kepala DPPKBPMD Bantul Mahmudi menerangkan pencanangan Kampung KB ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran Pasangan Usia Subur (PUS) untuk mengikuti program KB.

“Akhir 2016, tercatat 14.000 PUS sudah terdaftar mengikuti program KB. Jika ditambahkan, secara keseluruhan jumlah peserta KB aktif di Bantul sudah menembus 114.000 peserta,” jelasnya usai acara pencanangan.

Secara nasional, Mahmudi menyatakan angka keikutsertaan PUS di Bantul masuk kategori tinggi. Sebab dari 152.000 PUS di Bantul, hampir 75% sudah ikut KB.

“Kami berharap dengan hadirnya kampung KB di seluruh kecamatan, angka peserta baru bisa lebih dari angka di tahun kemarin,” pungkasnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Bantul Suharsono menyatakan tidak  terfokus pada program KB saja. Kampung KB yang dicanangkan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup warga.

“Dalam pencanangan kampung ini, kami menggandeng perusahaan swasta yang beroperasi di wilayah sekitar untuk bersama-sama melakukan perbaikan lingkungan yang dianggap tidak layak seperti pembangunan jamban, perbaikan rumah tidak layak huni, dan beberapa fasilitas dasar kesehatan. Di Dingkikan, sudah ada 9 perusahaan yang siap membantu,” jelas Suharsono.

Terpilihnya Pedukuhan Dingkikan sebagai percontohan Kampung KB di Bantul didasarkan pada rendahnya kepersertaan PUS. Dari 129 PUS, baru 60% saja atau kisaran 104 pasangan yang mengikuti program KB




Reporter: Arif Koes Hernawan
Editor: Rosyid

Rosyid
07-03-2017 10:22