Main Menu

BPBD Cilacap Siapkan Huntara untuk Korban Longsor Jatiluhur

Nur Hidayat
12-03-2017 18:23

Cilacap, GATRAnews – Badan Peeanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap mulai mempersiapkan lahan untuk Hunian Sementara (Huntara) untuk 24 keluarga korban longsor di Dusun Jatiluhur Desa Padangjaya Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPBD Cilacap wilayah Majenang, Edi Sapto Priyono mengatakan pada hari Sabtu dan Minggu ini (11-12/3), BPBD bersama puluhan warga terdampak bersama dengan relawan Senkom dan MDMC Cilacap mulai membuka lahan di tanah Lapangan Desa Padangjaya. “Huntara disiapkan karena memang sudah lebih dari dua bulan warga terdampak mengungsi ke rumah saudara atau tetangga di luar zona longsor,” jelas Edi Sapto, Minggu (12/3).

Sementara ini, kata Edi, persiapan lahan untuk huntara baru berupa pembersihan di lahan yang dipersiapkan dengan luas sekira 300 meter persegi. “Dibersihkan dulu, nanti pekan depan kita akan memulai pembangunan huntara,” ujarnya.

Edi menjelaskan, selama ini, warga bertahan di pengungsian karena rumah mereka sudah tidak bisa lagi ditempati. Selain itu, aliran listrik untuk 19 rumah yang rusak juga sudah diputus oleh PLN. “Di data kami ada 6 rumah hancur roboh total, dan 18 rumah rusak parah, dengan kondisi atap runtuh dan tembok ambruk. Atapnya sudah dicopot untuk mengurangi beban konstruksi. Dengan harapan rumah masih bisa bertahan saat terjadi gerakan tanah,” ujar Edi.

Lebih lanjut Edi menjelaskan, pekan lalu Tim Geologi dari Badan Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (BVMBG) Bandung sudah melalukan riset untuk mengetahui potensi bencana dan mendapat rekomendasi penanganan bencana. “Hasilnya secara resmi belum kami dapatkan. Tetapi dari komunikasi awal kami, Dusun Jatiluhur harus direlokasi,” jelasnya.


Reporter: Ridlo Susanto⁠⁠⁠⁠

Editor: Nur Hidayat

Nur Hidayat
12-03-2017 18:23