Main Menu

Plant Health Solusi Membuat Panen Kopi Stabil

Averos Lubis
16-03-2017 08:30

Malang, GATRAnews - Peneliti dari Universitas Brawijaya Malang, Karuniawan Puji Wicaksono, menjelaskan bahwa tanaman kopi dalam perkembangannya selalu mengalami fluktuasi dan rendah tinggi produksinya waktu tiba masa panen. Maka bila dikenal adanya panen raya kopi produksi begitu tinggi, lalu pada panen kopi berikutnya hasil produksi kopi menjadi sedikit.

 

“Itu dialami oleh semua jenis tanaman perkebunan, semisal cengkeh dan kakao,” ujarnya di Malang, Selasa (14/3) dalam diskusi Top Ciencia 2017, wadah bertemu para peneliti dan pelaku industri pertanian saling mendiskusikan penemuan terbaru dan masa depan pertanian.

Dia menjelaskan penyebab tanaman kopi mengalami fluktuasi produksi tanaman ketika masa panen tiba adalah seperti bagaimana ketika petani sering memetik tanaman kebun itu saat stress, selain mengalami masalah cuaca. ‘”Alhasil tanaman akan sedikit menghasilkan buah,” ujarnya. Sehingga produksi setelah panen raya kopi, maka pada masa panen kopi selanjutnya akan turun produksi tanaman karena ada pelukaan pada tanaman.

Menurutnya cara itu yang perlu distabilkan oleh petani selain melihat faktor cuaca yang kerap berubah-ubah. Petani, menurutnya, selain harus memperhatikan penyediaan pupuk untuk nutrisi tanaman, lalu memberikan pestisida untuk memproteksi penyakit terhadap tanaman, juga harus memberikan plant health seperti Pyraclostrobin BASF.

“Plant health dapat membangkitkan imunitas kepada tanaman dan dapat beradaptasi (terhadap) berbagai stress baik biotik maupun abiotik,” tuturnya.

Adapun petani dapat menurunkan presentase buah yang gugur. Jadi bila tanaman kopi mengalami stress, baik itu akibat cuaca hujan maupun kering berlebihan, maka tanaman yang bunganya telah menjadi buah, buahnya akan digugurkan lagi. Sehingga persentase buah yang jadi atau buah yang masak menjadi sedikit.

"Nah, hal itu yang mau kita tingkatkan supaya petani mendapatkan panen yang merata," ujarnya. “Dan dapat meningkatkan 50 persen hasil produksi tanaman," tambahnya.


Reporter : Averos Lubis

Editor : Taufik Alwie

Averos Lubis
16-03-2017 08:30