Main Menu

Jabar Raih Predikat Provinsi dengan Kinerja Terbaik

Tian Arief
23-05-2017 17:32

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan trofi iNews Maker Award 2017 (GATRAnews/Muha Zainal)

Bandung, GATRAnews - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) mendapat apresiasi di ajang iNews Maker Award 2017. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menerima penghargaan untuk kategori "Apresiasi Provinsi dengan Kinerja Terbaik", dalam acara penganugerahan di Gedung iNews Center, Kebon Sirih, Jakarta, Senin malam (22/5).

Penghargaan ini merupakan penghargaan ke-226 bagi Pemprov Jabar. Setelah, Jawa Barat juga dinobatkan sebagai Provinsi dengan Kinerja Terbaik/Tertinggi secara nasional berdasarkan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) 2016 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) 2015 oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Gubernur Aher pun mengucapkan rasa syukur atas penghargaan ini. Aher menilai, apresiasi ini merupakan hasil kerja keras pemerintahan yang dipimpinnya, melalui kerja sama dengan para birokrat dan para pemangku kepentingan lainnya.

"Kami akan jadikan award ini sebagai pemicu semangat yang lebih tinggi lagi, untuk bekerja keras untuk masyarakat Jawa Barat khususnya dan Indonesia umumnya," ujar Aher, di Gedung Sate, Jalan Diponegoro Bandung, Selasa (23/5).

Indikator utama Jawa Barat dinobatkan sebagai provinsi dengan kinerja terbaik yaitu dari sisi administrasi dan pelayanan publik. Menurut iNews, Jawa Barat telah secara konsisten menerapkan sistem administrasi dengan baik, sehingga pelayanan publik bisa dilayani dengan cepat dan mudah.

Selain itu, stabilitas keamanan, kehidupan masyarakat yang aman, damai, serta jauh dari kekerasan menjadi indikator lainnya.

Aher menjelaskan, ada inovasi pelayanan publik berbasis teknologi informasi yang telah diterapkannya berjalan dengan sukses. Teknologi ini murni hasil karya para PNS Pemprov Jawa Barat.

Seperti tiga aplikasi pelayanan publik yang baru-baru ini telah diadopsi oleh 17 Provinsi di Indonesia dan menjadi pilot project KPK dalam pencegahan tindak korupsi. Aplikasi tersebut adalah pelayanan perizinan terpadu satu pintu, aplikasi Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) Online berbasis tunjangan perbaikan penghasilan pegawai, dan aplikasi e-Samsat.

"Tiga hal tersebut kemudian dijadikan oleh KPK sebagai program nasional. Dan uniknya adalah yang membuat semua itu adalah PNS, bukan proyek. Saya bangga dengan PNS-PNS Jawa Barat," tutur Aher.

Ajang penghargaan iNews Maker Awards 2017 ini merupakan gelaran ketiga kalinya yang dihelat oleh iNews TV. Ajang ini merupakan bagian dari rangkaian acara HUT iNews TV yang kedua.
 
Tema “Indonesia Bangkit” dipilih dalam iNews Maker 2017, karena bertepatan dengan bulan Mei yang identik dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional. Dalam penilaian berperan sebagai Juri adalah Dr. Surono, Arya Sinulingga, dan Rizal Yusacc.

Dalam awarding kali ini dipersembahkan penghargaan dalam enam kategori, yaitu: Kategori Pejabat Publik, Kategori Sosial Kemasyarakatan, Kategori Profesional, Kategori Fenomenal, Kategori Olahraga, dan Kategori Lifetime Achievement.
 
Sementara konsep penilaiannya, mengacu setidaknya pada 1P+3K yaitu: Popularitas, dikenal luas dan terbuka, serta tidak pernah memiliki masalah dalam kegiatan profesi.

Kepeloporan, memiliki pemikiran yang konstruktif dan positif dalam membangun persatuan bangsa. Konsistensi, konsisten melaksanakan etika profesi dalam kehidupan keseharian serta berdampak luas bagi masyarakat dan mendorong/mengembangkan/ menerapkan idealismenya dengan menumbuhkan budaya cinta dan bangga menggunakan produk dalam negeri. Kepakaran, prestasi melalui serangkaian karya, gagasan, ide, kegiatan serta jasa, yang telah terbukti kebenarannya bermanfaat luas bagi masyarakat secara nasional.


Reporter: Muha Zainal (Bandung)
Editor: Tian Arief

Tian Arief
23-05-2017 17:32