Main Menu

Bangun Patung Tuhan Yesus, Balai Arkeologi Papua Minta Dilibatkan

Abdul Rozak
03-06-2017 05:34

Jakarta, GATRAnews - Balai Arkeologi Papua meminta dilibatkan dalam rencana pembangunan patung Tuhan Yesus di Bukit Swaja, Kampung Kayu Batu, Kota Jayapura. Pasalnya, di lokasi itu terdapat situs arkeologi prasejarah.


"Di Bukit Swaja terdapat situs-situs arkeologi, antara lain gua penguburan prasejarah dan lukisan tebing prasejarah," ungkap Hari Suroto, peneliti dari Balai Arkeologi Papua seperti dikutip Antara, Jumat (2/6).

Dalam perencanaan tata ruang pembangunan patung Tuhan Yesus tersebut, juga harus memperhatikan UU Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya. Sehingga situs arkeologi di Bukit Swaja dapat terlindungi dan tetap lestari.

Keberadaan situs arkeologi di Bukit Swaja, akan mendukung tujuan utama dibangunnya patung Tuhan Yesus itu. Yaitu sebagai ikon Kota Jayapura dan Papua, kemudian destinasi religi nasional dan internasional.

"Patung Tuhan Yesus ini merupakan destinasi wisata religi, sedangkan situs-situs arkeologi dapat dijadikan destinasi wisata sejarah budaya, tentu dengan tidak mengesampingkan perlindungan dan pelestariannya," kata Hari.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Papua Djuli Mambaya mengatakan, pembangunan Patung Kristus yang diestimasi menelan biaya keseluruhan hingga Rp 500 milyar. Pemprov Papua Berharap rencana itu didukung oleh pemerintah pusat melalui APBN.

"Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua akan mendorong untuk dianggarkan melalui dana APBN, pasalnya patung ini juga akan menjadi objek wisata nasional ke depannya,"  ujar Djuli.


Reporter: Abdul Rozak
Editor: Arief Prasetyo

Abdul Rozak
03-06-2017 05:34