Main Menu

Anies Baswedan: DKI Jakarta dan DI Yogyakarta Banyak Kesamaan

Rosyid
20-07-2017 15:27

Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan (GATRAnews/Arief Koes/HR02)

Yogyakarta,GATRAnews - Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan akan melibatkan partisipasi warga dalam membangun ibu kota. Ia pun menyamakan Jakarta dengan Yogyakarta yang melalui masa pilkada tanpa sekat-sekat karena perbedaan pilihan politik.

“Setelah bertemu Gubernur DI Yogyakarta tadi (Selasa) malam, saya banyak belajar tata kelola pemerintah yang baik. Demikian juga dengan tingkat partisipasi warga,” kata Anies, Rabu (18/7), usai berkunjung ke bantaran Sungai Winongo, Ngampilan, Kota Yogyakarta.

Sebagai contoh terbaik, Anies memandang proses rehabilitasi dan pembangunan usai gempa pada 11 2006 di Bantul sebagai bukti. Menurut dia, pemerintah DI Yogyakarta memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada warga untuk turun tangan. Pemerintah hanya menyediakan sarana dan prasarana, sedangkan warga menentukan arah dan solusi pembangunan.

Begitu juga permukiman di pinggiran Sungai Winongo. Anies melihat hadirnya ruang publik di sana mampu melahirkan berbagai inspirasi yang menguatkan kesenian lokal.

“DKI Jakarta dan DI Yogyakarta memiliki banyak persamaan yang sama. Keduanya memiliki keheterogenan pendatang dan penataan kawasan bantaran sungai. Dalam menjalankan pemerintahan, kami membuka partisipasi warga sebesar-besarnya untuk membangun Jakarta,” katanya.

Menurut Anies, dengan partisipasi dan kerjasama warga, maka sekat-sekat perbedaan yang muncul saat pilkada lalu akan hilang. Bersama Tim Sinkronisasi, Anies akan memaparkan program kerja awal Oktober.

Selama dua hari, sejak Selasa (17/7) malam sampai Rabu (19/7), Anies dijadwalkan menghadiri delapan acara di DI Yogyakarta. Usai bertemu Sultan HB X, p Anies melaksanakan salat subuh di Prambanan, kemudian datang ke acara panen dan bertemu petani di Kwarasan, Sleman.

Di kota masa kecilnya ini, Anies juga bertemu dengan Pengurus Pusat Muhammadiyah, mengikuti perayaan Syawalan di rumah Wali Kota Yogyakarta, kunjungan ke bantaran Sungai Winongo, lalu ke Museum Tani Imogiri, dan dua acara halal bihalal bersama warga.





Reporter: Arif Koes Hernawan
Editor: Rosyid

Rosyid
20-07-2017 15:27