Main Menu

GNI Berbangsa Ceramah Kebangsaan di Unkriswina, Sumba

Nur Hidayat
05-09-2017 16:46

Transtoto Handadhari (kedua kiri) beserta Rektor Unkriswina, Norlina Rambu (kiri) saat memberikan kuliah umum (GATRAnews/dok)

Sumba, GATRAnews - Ketua GNI Berbangsa, Transtoto Handadhari memberikan ceramah kebangsaan dan edukasi lingkungan di Universitas Kristen Wira Wacana (Unkriswina), Waingapu, Senen (4/9).  "Indonesia adalah satu, kita adalah Indonesia yang tidak boleh terpisah-pisah. Persatuan dalam kebhinekaan harus terus dibangun bersama", demikian Transtoto memulai ceramahnya.

"Keberadaban dan martabat manusia Indonesia dibangun seirama dengan pembangunan watak dan seni budaya. Kebersamaan dilakukan untuk kesejahteraan masyarakat secara adil yang guyup saling tolong menolong dalam lingkungan hidup yang lestari. "Indonesia yang bersatu, bermartabat dan sejahtera adalah yang akan dituju oleh GNI-BERBANGSA", jelasnya. Ceramah itu juga dihadiri Rektor Norlina Rambu, Umbu Ho Ara-pembantu Rektor, Daud Anarato-Ketua PMI Sumba dan sekitar 600 mahasiswa Unkriswina. 

Transtoto yang alumnus Fakultas Kehutanan UGM Yogyakarta 1977 dan University of Wisconsin at Madison USA 1992 juga memotivasi mahasiswa Sumba agar punya tekad yang dijadikan perjuangannya. Salah satu semangat yang diutarakannya, lumayan unik: "Kalahkah Orang Jawa!" kata Transtoto bersemangat.

Masyarakat Sumba harus mampu melampaui masyarakat Jawa yang dianggap paling maju saat ini. Untuk itulah, pendidikan di segala bidang harus makin di optimalkan.

Dr. Gerson Njurumana yang hadir dari Balitbang Kehutanan Kupang juga ikut menyampaikan pengetahuannya tentang kondisi lingkungan dan sosial Sumba-NTT yang menjadi kendala pembangunan di Sumba.

Acara diakhiri dengan menanam bibit sakura, cendana dan trembesi di halaman kampus Unkriswina, serta wawancara dengan sejumlah wartawan lokal. Tampak juga hadir Kepala Balai Taman Nasional Matalawa, Maman Surachman, aktivis lingkungan seperti Edward Umbubotu yang juga alumnus Fakultas Kehutanan UGM 1988, Indah Lastry Karabu, Goly Umbu Sagabara, Tri Wiyanto dan Puji alumnus Fakultas Kehutanan UGM 2000 , Mariana Silvana alumnus IPB 38 dan Marthen Wanda. 


Editor: Nur Hidayat

Nur Hidayat
05-09-2017 16:46