Main Menu

Tips Usaha Perhiasan Ala Indah Mutiara Lombok

Umaya Khusniah
24-10-2017 16:15

Indah Purwanti, pemilik galeri mutiara Indah Mutiara Lombok (IML). (Dok JNE/Nur Hardiyansyah)

Mataram, Gatra.com - Wanita identik dengan perhiasan. Perhiasan yang bermutu identik dengan harga tinggi. Tapi ada cara yang bisa dilakukan untuk menyiasati agar wanita tetap dapat memakai perhiasan namun tetap hemat. Salah satunya, pilihlah perhiasan yang multifungsi.

Peluang inilah yang diambil Indah Purwanti, pemilik galeri mutiara Indah Mutiara Lombok (IML). Ia mendesain perhiasan dengan bahan utama mutiara asli Lombok untuk galerinya. "Desain saya beda dari yang lain, karena satu perhiasan bisa dipakai dengan cara yang berbeda," ujarnya kepada Umaya Khusniah dari Gatra, pekan lalu. 

Indah mengambil contoh, untuk sebuah perhiasan liontin, ia desain sedemikian rupa sehingga ketika bosan digunakan sebagai liontin, ia dapat digunakan sebagai bros. Justru dengan cara inilah yang membuat model perhiasannya unik dan lain dengan perhiasan biasa.

Sebelum mulai debut sebagai pemilik galeri, ia mengawali usahanya sebagai reseller perhiasan. Merasa cocok dengan bisnis ini, mantan karyawati salah satu Bank ini memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya. Hal lain karena ia merasa ingin lebih dekat dengan keluarganya. 

Usai usaha reseller perhiasannya maju, ia berinisiatif untuk membuat usaha perhiasannya sendiri. Selain itu, wanita yang sebelumnya berdomisili di Surabaya ini jatuh cinta pada mutiara asli Lombok. Karenanya, ia memilih mutiara sebagai bahan utama perhiasannya. "Mutiara Lombok itu mutiara terbaik di dunia, bahkan mutiara Lombok memiliki 27 warna yang berbeda," ungkapnya lagi.

Ia membagikan kiat usahanya agar sukses seperti saat ini. Untuk meningkatkan penjualan, ia tak hanya melayani penjualan offline di galerinya di Lombok dan Bali, tapi juga melayani penjualan online melalui akun instagramnya @indahmutiaralombok

Untuk pengiriman pesanan, ia sangat selektif memilih jasa pengiriman logistik. Hal ini karena harga perhiasan yang ia kirim biasanya perhiasan yang bernilai tinggi. Untungnya, jasa pengiriman logistik yang ia pilih tidak mengecewakan sampai saat ini. 

Menurut Senior Koordinator Sales Ritel JNE NTB, Enny Handayani, Indah Mutiara Lombok merupakan customer loyal mereka. Selama menggunakan jasa pengiriman logistik ini, baik Indah ataupun customernya tidak pernah komplain dengan layanan yang diberikan. 

Selain mengikuti tren penjualan digital, Indah rajin mengikuti pameran-pameran perhiasan baik skala lokal dan internasional seperti di Singapura, Malaysia dan Thailand. Dalam pameran tersebut, ia merasa bisa lebih melihat tren yang sedang diminati konsumen saat itu. Lewat seringnya mengikuti ajang pameran internasional, menjadikan perhiasan mutiaranya diakui dunia. 



Ia juga lebih suka menjual mutiaranya dalam bentuk perhiasan dibandingkan mutiara saja. Hal ini karena menjual dalam bentuk perhiasan memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Dalam sebulan ia dapat mencapai omset ratusan juta rupiah. Ia juga melayani pemesanan bentuk perhiasan sesuai minat pelanggan baik jenis mutiaranya, warna mutiara ataupun bahan perhiasannya seperti emas, perak atau bahkan rodhium.

Dulu, untuk mengiklankan perhiasannya, ia biasa mengendorse artis. Ia memberikan perhiasan kepada mereka dengan imbal balik, mereka memakai perhiasan tersebut dan memamerkannya di media sosial artis tersebut. Namun karena kini, mengendorse artis juga harus bayar, ia mengalihkannya ke selebgram. Dengan begitu, ia dapat lebih menghemat pengeluaran. 

Kini ia memiliki 15 karyawan termasuk 2 karyawan khusus untuk mendesain perhiasan. Ia juga sedang menjajaki kerjasama usaha dengan investor asing. "Saya setelah ini ada meeting sama bule untuk masalah investasi," pungkasnya.


Reporter: Umaya Khusniah 
Editor: Nur Hidayat

Umaya Khusniah
24-10-2017 16:15