Main Menu

Jangan Salah, Ini Cara Bedakan Mutiara Asli dan Palsu

Umaya Khusniah
25-10-2017 10:40

(Dok JNE/Nur Hardiyansyah)

Mataram, Gatra.com - Pesona mutiara memang menyilaukan banyak mata wanita. Banyak perhiasan bertahtakan mutiara digandrungi kaum hawa. Harganya yang tinggi menjadikan mutiara banyak dibuat imitasinya. Lantas bagaimana membedakan mutiara asli dan palsu?

Indah Purwanti, pemilik galeri Indah Mutiara Lombok (IML) memberikan tips membedakan mana mutiara palsu dan asli. Mantan karyawati bank ini menjelaskan jika mutiara asli terdiri dari dua jenis yakni mutiara air laut dan air tawar. Mutiara air laut memiliki harga yang lebih tinggi dari mutiara air tawar. "Mutiara air laut dari Lombok itu mutiara terbaik di dunia," ujarnya mengawali obrolannya dengan Gatra akhir pekan lalu.

Menurutnya mutiara dari Lombok memiliki 27 warna yang beragam. Mulai dari beraneka jenis mutiara putih hingga hitam. Pembudidayaan mutiara air laut yang lama yakni sekitar 4 tahun yang menjadikan harganya tinggi. Bayi kerang mutiara dibudidayakan selama dua tahun. Dua tahun sisanya dilepas ke laut agar dapat memakan endapan di laut yang merupakan bahan utama mutiara. 

Untuk membedakan mana mutiara asli baik mutiara air laut dan tawar dengan mutiara buatan, menurut Indah harus menggunakan api. Jika dibakar, mutiara asli tidak akan hangus terbakar atau melepuh. Selain itu, mutiara asli tidak akan tergores meski digores dengan senjata atau beda tajam. 

Untuk kelebihan mutiara asli ini, tak heran harganya yang sembarangan. Di galeri IML, indah membanderol paling murah Rp 50.000 untuk mutiara air tawar hingga puluhan juta rupiah tergantung jenis mutiara, kerumitan desain dan bahan perhiasannya. "Mutiara itu seperti emas bisa dijadikan investasi juga," pungkasnya.


Reporter: Umaya Khusniah 
Editor: Nur Hidayat

Umaya Khusniah
25-10-2017 10:40