Main Menu

TNI AU Terima 24 Pesawat F-16 Hibah dari Amerika

Ervan
28-02-2018 17:29

Serah terima 24 Pesawat F-16 Hibah dari Amerika Serikat di Lanud Iswahyudi, Madiun. (Dok.Kemenhan/FT02)

Madiun, Gatra.com- TNI Angkatan Udara (TNI AU), menerima 24 Pesawat tempur F-16 tipe C/D hasil hibah dari pemerintah Amerika Serikat.


Penyerahan 24 pesawat tempur ini ditandai dengan berita acara penandatanganan dari Kepala Badan Sarana Pertahanan Kementerian Pertahanan kepada Asisten Logistik (Aslog) Panglima TNI dan selanjutnya diserahkan kepada Aslog TNI AU di Lanud Iswahyudi, Madiun, Rabu (28/2).

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan, penyerahan 24 pesawat tempur jenis F-16 ini merupakan bagian dari pemenuhan alutsista TNI AU dalam upaya memperkuat pertahanan negara sebagai bagian dari gelar pertahanan udara dalam menghadapi potensi ancaman.

“Penyerahan 24 unit pesawat tempur F-16 ini merupakan bagian dan upaya pemenuhan alutsista TNI sebagai bagian dari perwujudan gelar pertahanan negara untuk menghadapi berbagai dimensi ancaman yang berpotensi mengganggu stabilitas keamanan negara,” kata Ryamizard.

Ryamizard berharap dengan penambahan 24 pesawat tempur F-16 ini dapat meningkatkan kesiapan TNI AU dalam mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Penyerahan 24 pesawat F-16 ini merupakan perwujudan kongkret momitmen kemitraan strategis Indonesia dan Amerika Serikat yang harus dipelihara dan dikembangkan," katanya.


Reporter: Ervan Bayu

Editor: Anthony Djafar

Ervan
28-02-2018 17:29