Main Menu

Sambangi Hutan Mangrove, Anies Perkirakan ada Lebih dari 100 Ton Sampah

Abdul Rozak
19-03-2018 17:03

Hutan mangrowe di Muara Angke (GATRA/Rifki M. Irsyad/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambangi kawasan hutan mangrove Ecomarine, Muara Angke, Jakarta Utara. Hutan mangrove ini viral di media sosial lantaran berubah menjadi lautan sampah.

 

Kedatangan Anies disambut hangat petugas gabungan yang membersihkan hutan mangrove Ecomarine, Muara Angke. Anies memperkirakan jumlah sampah di hutan mangrove ini lebih dari 100 ton.

"Lebih dari 400 pekerja di sini untuk mengangkat sampah. Diperkirakan masih ada 50 ton lagi sampah yang masih ada di sini," kata Anies kepada wartawan di Muara Angke, Jakarta Utara, Senin (19/3). 

Petugas gabungan, sambung Anies, kesulitan untuk membersihkan sampah di hutan mangrove Ecomarine. Sampah hanya bisa diangkut kapal dengan kapasitas terbatas dan diambil menggunakan tangan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengatakan sampah Muara Karang mulai menumpuk di Desember 2017. Kondisi itu dipengaruhi oleh angin barat dan membuat sampah masuk ke hutan mangrove.

"Ini mayoritas sampah plastik rumah tangga, diduga sejak akhir Desember karena angin barat dan merusak lahan yang semula akan digunakan untuk mangrove dan budidaya bandeng," pungkas Anies.


Reporter : Abdul Rozak

Editor : Sandika Prihatnala

Abdul Rozak
19-03-2018 17:03