Main Menu

Sumbang Puluhan Milyar, Sandiaga : Saham Delta Tidak Membawa Kemaslahatan

Abdul Rozak
17-04-2018 12:55

Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno (ANTARA/Reno Esnir/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno menilai kepemilikan saham di PT Delta Djakarta tidak memberi kemaslahatan bagi warga Jakarta meski tiap tahunnya memberi deviden milyaran rupiah. Pemprov DKI Jakarta berniat menjual kepemilikam saham di perusahaan minuman beralkohol tersebut.

 

Setiap tahun Delta Djakarta memberikan dividen puluhan milyar kepada Pemprov DKI yang masuk ke pos Pendapatan Asli Daerah (PAD). Misalnya tahun 2017, Delta Djakarta menyumbang Rp 37,8 milyar ke kas daerah yang diambil dari pendapatan laba buku tahun 2016.

"Perintah Pak Anies sudah jelas, kita ingin investasi yang dirasakan oleh hajat hidup orang banyak, untuk kemaslahatan warga Jakarta," kata Sandiaga di Jakarta, Selasa (17/4).

Delta Djakarta merupakan produsen minuman beralkhol atau bir dengan merk San Miguel, Anker Bir dan Calrsberg. Saham DKI di Delta sebanyak 23,3% yang dibeli sejak tahun 1970-an.

Rencana melepas saham di Delta sedang didalami oleh Badan Pengawas (BP) BUMD DKI Jakarta. Sandiaga menambahkan sudah ada beberapa strategi untuk menjual saham Delta.

"Kajian (menjual saham) sudah masuk ke tahap pendalaman. BP BUMD dan bagian perekonomian - keuangan melihat dampak yang timbul seperti apa," pungkas Sandi.


Reporter : Abdul Rozak

Editor : Sandika Prihatnala

Abdul Rozak
17-04-2018 12:55