Main Menu

Jelang Ramadan, Prabowo Berziarah ke Makam Leluhur di Banyumas

G.A Guritno
15-05-2018 15:47

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto seusai berziarah di makam leluhurnya di Dawuhan, Banyumas, Jawa Tengah. (GATRA/Ridlo Susanto/FT02)

Banyumas, Gatra.com – Menjelang Ramadan 1439 Hijriyah, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto berziarah ke makam leluhurnya di Dawuhan Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (14/5).

 

Di pemakaman utama, bersemayam kakeknya, Margono Djojohadikusumo sang pendiri Bank Negara Indonesia (BNI), buyutnya, Yudhanegara II, serta keluarga besarnya.

“Saya kan keturunan Banyumas ya. Sudah adat kita, tradisi kita, kita berziarah, kita nyadran. Kita tengok leluhur kita, ke tempat pemakaman kita,” katanya, Senin (14/5).

Meski bertajuk ziarah, perjalanan Prabowo menyambangi Banyumas ini pun dihubungkan dengan rencana deklarasi yang sempat mengemuka. Namun, Prabowo membantahnya.

Sebab, deklarasi ia maju sebagai calon presiden sudah dilakukan di Hambalang, Bogor. Menurut dia, kedatangannya di Banyumas hanya untuk berziarah.

Di luar itu, lantaran di Pilkada Banyumas dan Jawa Tengah Gerindra mengusung calon bupati dan gubernur, salah satu tujuan kedatangannya adalah untuk membantu pemenangan dan mensolidkan tim pemenangan.

Prabowo tak berkomentar soal kapan deklarasi besar-besaran dengan calon wakil presiden di Banyumas, seperti wacana yang berembus beberapa bulan terakhir. Menurut dia, deklarasinya sebagai calon presiden dari Gerindra sudah dilakukan di Hambalang.

“Deklarasi apa, deklarasi sudah dari kemarin-kemarin loh,” tukasnya.

Sebelumnya, dalam orasinya di depan ribuan pendukungnya, di Taman Andang Pangrengan, Purwokerto, Prabowo meminta restu dan menyatakan kesiapannya sebagai calon presiden dari Gerindra.

Namun begitu, ia menegaskan saat ini ia dan seluruh jajaran partai tengah fokus pada pemenangan calon-calon kepala daerah yang diusung Gerindra dan koalisi pada Pilkada Serentak 2018 ini.

Ia juga menyatakan, Gerindra tak pernah meminta apa-apa kepada calon pemimpin yang diusung partainya. Gerindra hanya mengharuskan, jika terpilih nanti, mereka bisa bekerja sepenuh hati serta tidak mengkhianati amanat rakyat.

Seusai bertemu dengan pendukung dan berziarah, Prabowo melanjutkan perjalanan ke daerah-daerah lain di Jawa Tengah. Antara lain ke Kebumen untuk berziarah ke Makam leluhurnya, Adipati Mangkuprojo Desa Pekuncen Kecamatan Gombong, Kebumen.

Pertemuan juga akan dilakukan dengan masyarakat Kebumen. Kemudian dijadwalkan, Prabowo melanjutkan perjalanan ke Magelang, Salatiga, Sragen dan Karanganyar.



Reporter: Ridlo Susanto
Editor: G.A. Guritno

G.A Guritno
15-05-2018 15:47