Main Menu

Nama Cawapres Prabowo Sudah Mengerucut

G.A Guritno
15-05-2018 15:55

Wakil Ketua Umum DPP Gerindra, Ferry Juliantono. (GATRA/Ridlo Susanto/FT02)

Banyumas, Gatra.com – Wakil Ketua Umum DPP Gerindra, Ferry Juliantono menyatakan nama calon wakil presiden yang bakal mendampingi Prabowo pada Pilpres 2019 sudah mengerucut ke satu nama. Pendeklarasian direncanakan akan dilakukan dengan seluruh partai koalisi sekaligus untuk mengumumkan partai-partai koalisi dan nama cawapresnya.

 

Hasil ini diperoleh setelah Gerindra melakukan komunikasi dengan dua partai lainnya, PAN dan PKS. Tetapi, sebelum ada kepastian, ia enggan membeberkan nama tersebut.

Sebab, masih ada kemungkinan bergabungnya partai koalisi lain di luar PAN dan PKS yang kini telah mendirikan Sekretariat Bersama (Sekber) dengan Gerindra.

Dia pun menerangkan, saat ini, Gerindra dan sejumlah partai masih dalam tahap pendekatan koalisi. Hanya saja, Gerindra dan dua partai lainnya, yakni PKS dan PAN memang sudah membuat Sekretariat Bersama.

“Jadi, dengan partai-partai calon koalisi pun, masih. Jadi saya perkirakan dalam satu bulan ke depan, sudah (ditentukan). (Nama sudah mengerucut?) sudah, mantep,” katanya, di Banyumas, Senin (14/5)>

Menurutnya, dalam jangka waktu sebulan ke depan, diperkirakan nama cawapres pendamping Prabowo tersebut sudah bisa dipastikan dan akan segera diumumkan.

Menurut dia, Partai Gerindra masih mungkin berkoalisi dengan di luar dua partai itu. Ia menyebutnya mirip dengan koalisi partai pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng Jateng 2017 ini, Sudirman Said-Ida Fauziah. Pada Pilkada Jateng, Gerindra berkoalisi dengan PAN, PKS dan PKB.

“Di sekretariat bersama, sekarang di Jakarta, kini sudah ada Gerindra, PKS, PAN, sudah sekretariat bersama, koalisinya. Mudah-mudahan, dalam waktu dekat, ada tambahan partai lainnya,” jelasnya.

Ferry yang juga Juru Bicara Pemenangan Prabowo Subianto mengemukakan, saat ini Gerindra masih fokus pada pemenangan calon kepala daerah dari Gerindra di daerah. Komunikasi dengan partai calon koalisi pun masih terus dilakukan.

Sementara, Anggota DPR Fraksi Gerindra dari daerah pemilihan Banyumas-Cilacap, Novita Wijayanti mengemukakan, wacana pendeklarasian Pencapresan Prabowo di Banyumas, Jawa Tengah masih menjadi bahan pembicaraan di internal partai menilik leluhur Prabowo yang berasal dari daerah ini.

Namun, hal itu baru bisa terwujud jika nama calon wakil presiden sudah ditentukan. Pasalnya, pendeklarasian di Banyumas itu direncanakan akan dilakukan dengan seluruh partai koalisi sekaligus untuk mengumumkan partai-partai koalisi dan nama cawapresnya.

“Deklarasinya kan memang masih proses. Tetapi nanti deklarasi itu kan seremoni, seremoni itu nanti dibarengi dengan pengumuman partai-partai koalisi dan calon wakil presiden yang mendampingi beliau,” terangnya.


Reporter: Ridlo Susanto
Editor: G.A. Guritno

G.A Guritno
15-05-2018 15:55