Main Menu

Ribuan Surat Suara Pilgub Jateng 2018 di Banyumas Rusak

G.A Guritno
22-05-2018 05:29

KPU Banyumas melipat surat suara dan menyortir surat suara yang rusak. (Dok.KPU Banyumas/yus4)

Purwokerto, Gatra.com – Seribuan lebih surat suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah di Kabupaten Banyumas ditemukan rusak atau tak layak digunakan. Hal itu ditemukan setelah pelipatan dan penyortiran yang dilakukan sejak Kamis pekan lalu hingga hari ini.

 

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Banyumas, Unggul Wasriyadi mengatakan jumlah surat suara Pilgub 2018 Kabupaten Banyumas sebanyak 1.336.566 lembar. Hari ini ditemukan sebanyak 1.354 surat suara yang rusak atau tak layak digunakan.

“1.335.212 dilipat. Kalau di kita hanya 1000 lebih, ini di Banyumas. Dari surat suara 1,3 juta yang rusak hanya seribuan lebih,” katanya.

Tingkat kerusakan yang hanya seribuan lebih itu diklaim amat kecil. Surat suara rusak itu antara lain, paling banyak ngeblur atau tak jelas foto dan tulisannya, kemudian bernoda, dan yang terakhir sobek.

Sesuai hasil berita acara pelipatan, KPU akan melaporkan jumlah suara rusak ini ke Panwas Kabupaten. Kemudian KPU Banyumas akan meminta pengganti surat suara ke percetakan melalui KPU Provinsi Jawa Tengah.

“Kita buat berita acara. Kita beritahukan ke Panwas. Kita kirimkan surat permintaan penggantian ke percetakan. Ini sudah, hari ini terakhir. Nanti kita rekap. Besok kita laporkan,” katanya.

Dalam penyortiran dan pelipatan surat suara Pilgub Jateng 2018 ini KPU Banyumas melibatkan 73 warga sebagai pelipat.

Menurut dia, meski jumlah surat suara yang mengalami kerusakan tidak terlalu signifikan, KPU Banyumas tetap akan membuat berita acara dan selanjutnya mengajukan penggantian ke KPU Provinsi Jawa Tengah. Dengan begitu, surat suara yang digunakan clear tanpa masalah.

Dia menambahkan, surat suara untuk Pemilihan Bupati (Pilbub) Banyumas baru mulai dilakukan Selasa ini. Sama dengan surat suarat Pilgub, jumlah surat suaranya pun 1.336.566 lembar.

Dalam Pilkada serentak 2018 ini, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Banyumas mencapai 1.302.438 orang. KPU Banyumas mendirikan sebanyak 3.180 TPS.

Reporter: Ridlo Susanto
Editor: G.A. Guritno

G.A Guritno
22-05-2018 05:29