Main Menu

331 Penghuni Lapas Pekalongan Dipindahkan Ke Nusakambangan

Hendri Firzani
25-05-2018 18:53

Sejumlah warga binaan dievakuasi dari Lapas Klas II A Pekalongan (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/yus4)

 

Cilacap, Gatra.com – Ratusan narapidana (napi) dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Pekalongan dipindah ke lapas di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat dinihari (25/5). Mereka dievakuasi ke Nusakambangan lantaran Lapas Pekalongan mengalami banjir rob hingga satu meter lebih dan merendam ruangan warga binaan atau sel.

 

Juru Bicara Kepolisian Resor Cilacap, AKP Bintoro Wasono mengatakan, para napi tiba dini hari tadi sekitar pukul 03.00 WIB. Mereka diangkut dengan sejumlah bus dengan pengawalan ketat pengamanan internal atau polisi khusus pemasyarakatan (Polsuspas) dan kepolisian. “Ya kita hanya mengamankan jalur dan sampai ke tempat tujuan. Baik di pelabuhan maupun penempatan di Nusakambangan,” katanya, saat dihubungi GATRA.

Kepolisian Cilacap, kata Bintoro mengawal di sepanjang rute perjalanan mulai dari perbatasan Banyumas-Cilacap. Adapun di Pelabuhan penyeberengan khusus ke pulau Nuskambangan, polisi 50 polisi. Sebagian di antaranya, bersenjata laras panjang.

Dia menjelaskan, pengamanan para napi asal Lapas Pekalongan ini dilakukan hingga penempatan di sejumlah Lapas di nusakambangan yang ditunjuk. Antara lain, Lapas besi, Kembangkuning, Permisan, Narkotika, Batu dan Pasir Putih. Namun, ia mengaku tak tahu jumah pasti napi yang dipindah dan rincian penempatannya.

“Itu di bagi-bagi. Di sananya, aku tidak mendapat informasi pasti. Yang jelas dipecah-pecah. Kami mengamankan rute perjalanan dari perbatasan Banyumas-Cilacap,” jelasnya.

Bintoro mengemukakan, ia juga tidak tahu apakah para napi ini sebagiannya akan ditempatkan permanen di Nusakambangan. Menurut dia hal itu biasanya berhubungan dengan kapasitas lapas yang overload atau berlebih dan tingkat risikonya.

Diketahui, wilayah Pantai Utara Jawa terkena banjir rob akibat niknya permukaan air laut. Selain merendam lahan pertanian, ladang garam dan perumahan, banjir rob juga merendam Lapas Pekalongan. Akibatnya para napi terpaksa dievakuasi ke tempat lebih aman.

Informasinya napi yang dipindah berjumlah sekitar 331 orang, terdiri dari napi umum, terorisme dan narkoba. Koordinator Kepala Lapas se-Nusakambangan Hendra Eka Putra belum berhasil diihubungi.



Reporter: Ridlo Susanto

Editor: Hendri Firzani

Hendri Firzani
25-05-2018 18:53