Main Menu

Mahasiswa Jateng di Jogja Minta TPS Istimewa

Mukhlison S Widodo
07-06-2018 19:33

 Aksi damai simulasi pilkada (GATRA/Arif Koes Hernawan/yus4)

Yogyakarta, Gatra.com - Menjelang pelaksaan pemilihan kepala daerah, warga dan mahasiswa dari Jawa Tengah menuntut KPU membuka tempat pemungutan suara (TPS) istimewa di Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta. 

 

Mereka melihat TPS antarpropinsi ini mampu meningkatkan partisipasi masyarakat di pilkada.

Forum Mahasiswa Demokrasi Jawa Tengah (Formad Jateng)  mengklaim ada sekitar 6.000 warga dan mahasiswa dari Jateng di DI Yogyakarta.

Permohonan TPS istimewa ini disampaikan melalui aksi damai simulasi pilkada  di perempatan Titik Nol Kota Yogyakarta, Kamis (7/6) petang.

Koordinator Formad Ammirudin menerangkan TPS istimewa ini merupakan fasilitas yang wajib disediakan KPUD bagi warga Jateng yang berada di provinsi lain dan tidak bisa pulang karena sibuk.

“April lalu kami pernah berkirim surat permohonan ke KPUD Jateng terkait hal ini. Namun tidak ada tanggapan hingga hari ini. Kami sangat berharap, selain digunakan untuk pemilihan gubernur, TPS istimewa nanti juga digunakan untuk tujuh pilkada serentak kabupaten/kota lainnya,” terang Ammirudin di sela aksi.

TPS Istimewa bagi Formad merupakan hal yang logis untuk mempermudah dalam menampung aspirasi warga.

Formad berharap TPS istimewa segera dibuatkan regulasi oleh pemerintah pusat agar KPUD di daerah yang menggelar pilkada dapat pula terlibat. 

“Dasar yang menjadi tuntutan kami, bahwa dalam negara demokrasi semua masyarakat di mana saja berhak dan wajib menyampaikan aspirasinya dalam menentukan siapa pemimpin daerahnya,’ terang Ammirudin.

Dalam aksinya, Formad juga menuntut KPUD Jawa Tengah terus meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam pilkada dan terselenggaranya pemilihan yang aman, jujur, dan damai.


Reporter : Arif Koes
Editor : Mukhlison

Mukhlison S Widodo
07-06-2018 19:33