Main Menu

Lebaran Pertamina Siapkan Kios BBM Motoris di Jalur Jateng Selatan

G.A Guritno
09-06-2018 10:04

SPBU Ajibarang, di jalur tengah antara Banyumas-Brebes, Jawa Tengah. (GATRA/Ridlo Susanto/FT02)

Purwokerto, Gatra.com – Pertamina menyiapkan kios BBM dan armada BBM motoris untuk mengantisipasi kekurangan bahan bakar minyak (BBM) saat puncak arus mudik dan balik di Jalan Nasional Selatan (JLS) Jateng dan Jalan Lintas Selatan-Selatan (JLSS) atau Jalan Daendels.

 

Sales Representatif BBM Retail Region V Pertamina Marketing Operation Region IV Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Satrio Wibowo Wicaksono mengatakan, armada motoris dan kios itu diadakan untuk mengantisipasi gangguan suplai BBM saat puncak arus mudik. Hal itu bisa terjadi jika terjadi macet panjang.

“Kalau di SPBU itu yang kita standby-kan ada 10 titik SPBU, motoris. Kalau titik non-SPBU itu, ada di rumah makan Lestari dan ada di Kecamatan Wanareja, Cilacap,” katanya.

Satrio menjelaskan, Pertamina mempersiapkan 10 titik penjual BBM menggunakan motor yang ditempatkan di SPBU sepanjang jalur lintas selatan. Selain itu, disediakan pula lima kios BBM alternatif untuk melayani pemudik yang melintas di JLS dan jalur pantai selatan (Pansela) atau Jalan Daendels.

Itu ada dua titik. Sama yang kios itu ada di Jalan Daendels. Kalau di Daendels itu motorisnya tidak ada, karena kan jalannya sepi. Jadi hanya alternatif pengisian BBM saja,” ujarnya.

Secara teknis, penjual BBM dengan sepeda motor akan berkeliling jika terjadi kemacetan. Mereka akan melayani kendaraan yang BBM-nya menipis. Dengan begitu, kemungkinan macet bertabah parah lantaran kendaraa kehabisan BBM bisa dikurangi.

Satrio Wibowo menjamin, harga BBM motoris dan kios sama dengan BBM di SPBU biasa. Tak ada perbedaan harga meski BBM dijual dalam kemasan.

Pemudik yang kehabisan BBM bisa memperoleh BBM alternatif di antaranya di alun-alun Wanareja Cilacap, Rumah Makan Lestari Kebumen, dan dua titik lain di Jalan Daendels.

Adapun BBM motoris disediakan secara merata, mulai dari Kabupaten Banyums, Cilacap hingga Kebumen. Mereka akan bergerak ke jalur-jalur yang rawan kemacetan panjang.

“Insyaallah kami akan siapkan sebaik mungkin untuk melayani pemudik,” tandasnya.

Dia menambahkan, untuk mengantisipasi kemacetan, Pertamina juga menyiapkan dua SPBU kantong. SPBU kantong ditempatkan di SPBU Rawalo dan Tambak, Banyumas.

Di dua lokasi ini disiapkan mobil tangki dengan penuh BBM, yang siap dikerahkan untuk mengisi BBM di SPBU yang kosong akibat pasokan terhambat kemacetan pemudik.

“Rata-rata stok BBM di SPBU yang ada di jalur utama mudik jalur selatan Jawa Tengah cukup untuk dua hari,” dia menjamin.


Reporter: Ridlo Susanto
Editor: G.A. Guritno

G.A Guritno
09-06-2018 10:04