Main Menu

Mudik Lebaran, Antrean Kendaraan di Pintu Kereta di Banyumas Capai 2 Kilometer

G.A Guritno
10-06-2018 05:36

Perlintasan sebidang di Purwokerto rawan macet. (GATRA/Ridlo Susanto/RT)

Banyumas, Gatra.com – Peningkatan volume kendaraan pada arus mudik lebaran 2018 ini mulai terasa di Banyumas, Jawa Tengah. Bahkan, di perlintasan sebidang kereta api di Rawalo telah mencapai dua kilometer.

 

Kepala seksi Rekayasa dan Prasarana Dinas Perhubungan Banyumas, Hermawan mengatakan antrean kendaraan disebabkan meningkatnya intensitas kereta yang melintas. Antrean kendaraan terpantau sampai pintu Bendung Gerak Serayu.

“Setiap 12 menit, kereta melintas. Memang lebih sering,” katanya, Sabtu sore (9/6).

Di luar itu, kendaraan terpantau padat di Patikraja persimpangan menuju Banyumas. Kendaraan dari arah Yogyakarta atau Banjarnegara bertemu dengan kendaraan ke dan dari arah Purwokerto.

Tetapi, ia menyatakan di persimpangan Ajibarang yang dikhawatirkan menjadi titik macet, kendaraan mulai padat, namun kondisinya ramai lancar. Kendaraan bisa dipacu dengan kecepatan sedang.

Begitu pula di sejumlah ruas jalan sempit, seperti di Pekuncen, Cilongok hingga Jatilawang dan Rawalo. Kendaraan masih bisa melaju dengan kecepatan normal.

Untuk mengantisipasi kemacetan di titik rawan macet lainnya, Dinas Perhubungan Banyumas mulai sore ini memberlakukan rekayasa Traffic Light atau lampu merah di sejumlah ruas jalan ramai. Antara lain di Perempatan Buntu, Kemranjen, Banyumas.

Dia menjelaskan, Lampu merah di pertigaan Pasar Rawalo pun sore ini sudah disetel untuk mengutamakan kendaraan dari arah barat dan timur. Lampu hijau dari arah barat dan timur lebih lama dibanding ke arah utara dan selatan.

“Biasanya, yang timur ke selatan atau sebaliknya hanya 20 detik. Kalau yang dari arah barat, kita setel untuk 60 detik,” ujarnya.

Dengan cara itu, lalu lintas kendaraan pemudik dari arah barat memiliki waktu lebih panjang dan tidak menimbulkan antrean kendaraan yang panjang.

Hermawan memperkirakan kendaraan dari arah barat, seperti Jakarta dan Bandung mulai tiba di Banyumas pada dinihari dan esok siang. Minggu pagi hingga Senin dinihari diperkirakan sebagai masa puncak arus mudik di Banyumas.

“Minggu dinihari sampai besok puncak mudik. Kendaraan dari Jakarta tiba di Banyumas,” ujarnya.

Reporter: Ridlo Susanto
Editor: G.A. Guritno

G.A Guritno
10-06-2018 05:36