Main Menu

Empat Desa Purbalingga Menjadi Pilot Project SID

G.A Guritno
05-07-2018 11:58

Pelatihan SID dan intergarasi SIDEKA di Semarang dilakukan antara 2-4 Juli 2018. (Dok. Dinkominfo Purbalingga/FT02)

Purbalingga, Gatra.com – Empat desa yang berada di Kabupaten Purbalingga menjadi pilot project Sistem Informasi Desa (SID). Desa tersebut paling aktif dalam pembelajaran Teknologi Informasi (TI).

 

Empat desa tersebut yakni Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar, Desa Dagan Kecamatan Bobotsari, Desa Kalikajar Kecamatan Kaligondang, dan Desa Karangtengah Kecamatan Kertanegara.

Kepala Seksi (Kasi) Administrasi Desa pada Dinpermasdes Kabupaten Purbalingga, Sapto Wasono mengatakan, keempat desa yang menjadi pilot project SID ini terpilih lantaran dinilai sebagai desa yang paling aktif dan giat dalam pembelajaran Teknologi Informasi (TI).

Nantinya desa pilihan ini akan menularkan ilmu yang telah didapatkan ke desa-desa lainnya. Diharapkan, nantinya seluruh desa dapat menerapkan SID di desanya masing-masing.

“Empat desa tersebut mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti pelatihan SID di Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispermasdesdukcapil) dari tangal 2 sampai 4 Juli,” katanya, Rabu (4/7).

Dia menjelaskan, Kabupaten Purbalingga tidak hanya mengirimkan perwakilan dari desa melainkan juga dari perwakilan Dinpermasdes dan Dinkominfo Purbalingga. Secara keseluruhan peserta pelatihan SID terdiri dari 116 peserta perwakilan kabupaten/kota se-Jawa Tengah.

"Di pelatihan ini peserta diajarkan terkait penggunaan SID bagi 116 aparatur desa dan 58 aparatur kabupaten," ujarnya.

Sementara, Staf Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Purbalingga, Edi Triono mengatakan, dalam pelatihan tersebut pelatihan akan dilatih bagaimana mengintegrasikan penggunaan SID mulai dari tingkat desa hingga ke tingkat provinsi.

Tidak tanggung-tanggung demi tercapainya implementasi SID, Provinsi Jawa Tengah mengalokasikan bantuan sana sebesar Rp 63 juta untuk pengembangan SID di masing-masing kabupaten/kota di Jawa Tengah termasuk Kabupaten Purbalingga.

"Anggaran ini akan kami gunakan untuk sosialisasi SID bagi 52 desa yang belum mengikuti sosialisasi SID 2017 yang lalu serta pelatihan SID," ujarnya.

Setelah pelatihan tersebut, Sapto menerangkan akan diadakan pelatihan SID di tingkat Kabupaten Purbalingga. Ia menerangkan akan melakukan koordinasi bagi seluruh pihak terkait SID demi tercapainya target SID di seluruh wilayah desa/kelurahan di Purbalingga.

Menurut dia, Dispermasdesdukcapil Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Jawa Tengah guna mengembangkan aplikasi berbasis data.

Aplikasi berbasis data tersebut yakni Sistem Informasi Desa dan Kawasan (Sideka) Jateng yang digunakan guna mengintegrasikan data mulai dari tingkat desa hingga ke tingkat Provinsi Jawa Tengah sehingga akan mendorong percepatan implementasi SID.

"Jadi SID yang sudah dipakai desa, tinggal kita integrasi ke Sideka Jateng. Kabupaten nantinya tinggal mengontrol informasi dan data dari Sideka Jateng ini," jelas salah seorang Relawan TIK, Andri Johandri.

Reporter: Ridlo Susanto
Editor: G.A. Guritno

G.A Guritno
05-07-2018 11:58