Main Menu

Serangan Anjing Hutan Mematikan Puluhan Kambing di Pemalang

G.A Guritno
21-07-2018 08:07

Polisi dan warga bersiap menyisir perkebunan dan hutan memburu anjing liar. (Dok. Polres Pemalang/re1)

Pemalang, Gatra.com – Puluhan ekor kambing milik warga Desa Gunungsari Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah mati mengenaskan akibat serangan hewan liar penghuni hutan sekitar desa.

 

Kepala Desa Gunungsari Teteg Winanteya mengatakan, serangan itu tekah terjadi beberapa hari terakhir di area perkebunan dan hutan di sekitar desa Gunungsari. Kambing mati dikandangnya dengan luka bekas gigitan dan cakaran.

Dia mengakui, selama ini warga memang sulit mengontrol hewan ternak mereka karena jarak kandang yang jauh dari permukiman. Kandang berjarak ratusan meter dari rumah lantaran berada di pinggir perkebunan.

"Sehingga saat terjadi serangan, warga tidak mengetahuinya. Diduga hewan misterius yang menyerang hewan ternak warga ini adalah anjing liar," katanya, dalam keterangannya kepada GATRA, Jumat (20/7).

Menurut dia, warga sudah berusaha mengamankan kandang dengan membuat perangkap. Warga juga berjaga di sekitar kandang dengan melengkapi diri dengan senjata tajam agar agar serangan tidak kembali terjadi.

“Tapi belum bisa menangkap hewan liar tersebut sampai sekarang," tuturnya.

Kepala Polsek Pulosari Iptu Ketut Astawa mengatakan, untuk mengantisipasi terulangnya serangan, personel Polsek Pulosari bersama warga Desa Gunungsari berpatroli bersama. Anggota polisi dan warga melaksanakan penyisiran di area perkebunan dan sekitar hutan di Desa Gunungsari.

“Kegiatan patroli ini dilakukan baik siang maupun malam hari sebagai antisipasi dari serangan hewan liar tersebut dan juga tidak hanya itu, warga juga membuat perangkap untuk mencegah serangan hewan liar,” ucap Ketut.

“Selain itu kepolisian juga melakukan sosialisasi agar warga memindahkan hewan ternak ke kandang yang lebih dekat dengan permukiman,” jelasnya.

Reporter: Ridlo Susanto
Editor: G.A. Guritno

G.A Guritno
21-07-2018 08:07