Main Menu

Satu Korban Meninggal Akibat Gempa 6,4 SR Lombok, WN Malaysia

Iwan Sutiawan
29-07-2018 11:07

Dampak gempabumi di Lombok, NTB. (GATRA/Hernawardi/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Dari jumlah sementara 10 korban meninggal dunia akibat gempa 6,4 skala richter (SR) di Lombok, salah satu di antaranya adalah perempuan warga negara (WN) Malaysia bernama Isma Wida (30 tahun).

"Terdapat satu orang warga negara Malaysia. Identitas korban meninggal dunia, Isma Wida, perempuan, 30 tahun, warga negara Malaysia," kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui keterangan tertulis, Minggu (26/7).

Isma merupakan salah satu korban meninggal dunia di Kabupaten Lombok Timur. Di sana, terdapat 8 orang meninggal dunia, 10 orang luka berat, 10 orang luka ringan, dan puluhan rumah rusak.

Adapun 7 orang korban meninggal lainnya adalah dua orang perempuan yakni Ina Marah (60 tahun) dan Ina Rumenah (58 tahun), dan 5 orang lainnya masih dalam pendataan identitas oleh petugas.

"Di Kabupaten Lombok Utara terdapat 2 orang meninggal dunia, dan 13 orang luka-luka dirawat di Puskesmas Senaru, dan 7 orang di Puskesmas Bayan," kata Sutopo.

Menurut Sutopo, gempa susulan juga masih terus berlangsung. Hingga pukul 09.20 WIB, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofiksika (BMKG) mencatat telah terjadi 66 kali gempa susulan. Namun kekuatannya lebih kecil dan tidak berpotensi tsunami.

"Ini adalah hal yang alamiah di mana setelah terjadi gempa besar, akan diikuti oleh gempa-gempa susulan yang lebih kecil dalam rangka mencari keseimbangan sistem lempeng atau sesar yang ada," katanya.


Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
29-07-2018 11:07