Main Menu

Acara Kelompok Negara Republik Federal Papua Barat Dibubarkan Kepolisian

Bernadetta Febriana
31-07-2018 15:34

Acara Kelompok Negara Republik Federal Papua Barat yang kemudian dibubarkan pihak kepolisian. (GATRA/Khatarina Lita/FT02)

Jayapura, Gatra.com – Sekitar 50-an orang simpatisan Kelompok Negara Republik Federal Papua Barat mengumumkan Pemerintahan Sementara Negara Republik Federal Papua Barat yang dipimpin oleh Yoan Syatfle. Namun, acara ini kemudian dibubarkan oleh polisi.

Pengumuman Pemerintahan Sementara Negara Republik Federal Papua Barat dilakukan di Halaman Gedung FISIP Uncen Abepura, Distrik Abepura, Kota Jayapura.

Massa yang berkumpul sekitar pukul 10.00 WIT sempat melakukan ibadah dan membentangkan dua spanduk bertuliskan Pengumuman Pemerintahan Sementara Negara Republik Federal Papua Barat Public Announcement Of The Provisional Goverment Of The Federal Republic West Papua.

Sesaat setelah pembentangan spanduk, Kepolisian Resort Jayapura Kota membubarkan massa dengan alasan kegiatan tersebut tak diperbolehkan, sebab tak ada pendirian negara diatas negara.

“Kegiatan ini tak ada ijin dan harus dibubarkan. Jika tetap melakukan aktifitas ini, harus berkoordinasi dengan kepolisian,” Wakapolsek Abepura, AKP Teguh Wahyudi yang didampingi Kanit Dalmas III, Aiptu S. Picauly, Selasa (31/7).

Dalam aksi tersebut massa sempat membagikan selebaran yang ditandatangani oleh Perdana Menteri Pemerintahan Sementara Negara Republik Federal Papua Barat, Yoan Syatfle yang berisi bahwa pada hari ini, Selasa (31/7) menunjuk pada dasar Konfensi Montevideo tanggal 26 Desember 1933, Piagam PBB tanggal 1 Januari 1942, Aturan dan Prosedur Majelis Umum PBB, Kongres Rakyat Papua Pertama Tahun 1961, Kongres Rakyat Papua Kedua Tahun 2000, Kongres Rakyat Papua Ketiga Tahun 2011.

“Sesuai mandat rakyat Papua melalui Kongres Rakyat Papua Ketiga dan sejak 19 Oktober 2011 sampai dengan hari ini Selasa 31 Juli 2018, lebih kurang 7 tahun, dengan kerja yang sungguh dan pertimbangan yang seksama, maka telah terbentuk Pemerintahan Sementara Negara Republik Federal Papua Barat sebagai penyelenggara pemerintahan sementara negara dari tingkat pusat sampai tingkat daerah,” jelasnya.


Reporter : Katharina Lita
Editor : Bernadetta Febriana

Bernadetta Febriana
31-07-2018 15:34