Main Menu

Gempa Susulan, Pasar Renteng Lombok Terbakar

Rosyid
07-08-2018 16:52

Evakuasi korban tertimbun reruntuhan Masjid Jabal Nur yang rusak akibat gempa bumi di Tanjung, Lombok Utara, NTB. (ANTARA/Zabur Karuru/FT02)

Mataram, Gatra.com - Belum reda ketakutan masyarakat Lombok akan gempa bumi susulan yang terus-menerus terjadi, Selasa dini hari (7/8) sekitar pukul 23.06. Wita Pasar Renteng, Praya, Lombok Tengah (Loteng) hangus dilalap jago merah. Kebakaran terjadi 6 menit paska terjadinya gempa susulan pukul 23.00 wita. Dugaan sementara penyebab terjadinya kebakaran ini akibat konsleting listrik.

Kebakaran dimulai sekitar pukul 23.05 wita, tapi hingga pukul 03.00 Wita api belum bisa dipadamkan. “Kebakaran dimulai dari timur, sekarang sudah sampai ke barat,” kata Kapolres Lombok Tengah AKBP Kholilur Rochman.

Pedagang yang tempat jualannya terbakar sempat dibantu warga yang datang berusaha menyelamatkan barangnya, namun, sebagian pedagang hanya bisa melihat lapaknya ludes terbakar karena api lebih cepat melahap.

Hamdani, salah seorang pedagang, hanya bisa melihat barang yang bisa diselamatkan. Seperti, rokok, alat kecantikan, dan obat-obatan. “Hanya seperempat barang yang saya bisa selamatkan,” tuturnya. Dirinya  pasrah saja melihat lapaknya terbakar.

Atas kejadian ini, Pemerintah Daerah Lombok Tengah belum bisa menghitung besarnya kerugian yang ditimbulkan akibat kebakaran ini. “Masih kita data kerugiannya. Masyarakat diminta untuk tetap tenang dan waspada apalagi gempa masih terjadi,” kata Bupati Lombok Tengah, H. Suhaili.

Reporter: Hernawardi
Editor: Birny Birdieni

 

Rosyid
07-08-2018 16:52