Main Menu

Tiba di Lombok, Presiden Jokowi Akan Menginap di Tenda Pengungsi

Birny Birdieni
13-08-2018 20:37

Presiden Joko Widodo tiba di Lombok. (GATRA/Dok. Humas NTB/yus4)

Mataram, Gatra.com- Presiden Joko Widodo akhirnya tiba di Bandara Internasional Lombok (BIL) Senin (13/8) tepat pukul 16.09 Wita. Kedatangannya tersebut dalam rangkaian kunjungan untuk melihat dari dekat para pengungsi gempa pada Minggu (5/8) malam lalu di Kabupaten Lombok Utara.

 

Presiden dan rombongan direncanakan akan menginap di tenda pengungsian bersama pengungsi lainnya. Kedatangan Presiden disambut Gubernur NTB TGB. HM. Zainul Majdi dan langsung menuju Kabupaten Lombok Utara menaiki pesawat helikopter Super Puma milik TNI AU.

Lokasi kunjungan Jokowi diarahkan ke Lombok Utara mengingat daerah ini merupakan daerah terdampak terbesar sekaligus juga sebagai pusat gempa. Dalam kunjungannya Presiden akan meninjau dapur umum, trauma healing, posko pengungsian korban bencana, dan rumah sakit lapangan.

Presiden juga akan menyerahkan bantuan secara langsung kepada para korban. “Setelahnya Presiden akan menuju tenda untuk bermalam dan melanjutkan agenda kerja keesokan harinya,” kata Kepala Biro Humas Setda NTB H Irnadi Kusumah.

Hingga Senin (13/8), data yang diperoleh dari Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB menyebutkan bahwa hingga saat ini ini jumlah korban meninggal mencapai 434 orang. Dimana korban meninggal terbanyak ada di Lombok Utara tercatat 374 orang.

Kepala BPBD NTB H.M. Rum menambahkan bahwa total korban luka-luka tercatat 1.353 orang. Sedangkan untuk jumlah pengungsi tercatat 352.736 pengungsi.


 

Reporter : Hernawardi

Editor : Birny Birdieni

Birny Birdieni
13-08-2018 20:37