Main Menu

Bentangkan Merah Putih di Gili Trawangan, Polda NTB Pastikan Keamanan Lombok

Birny Birdieni
17-08-2018 19:01

Pembentangan bendera metrah putih HUT RI 73 di Gili Trawangan Lombok. (Dok. Obit Polda NTB/yus)

Mataram, Gatra.com- Meski duka akibat guncangan gempa berkekuatan 7,0 SR yang melanda Lombok masih terasa. Namun hal ini tidak menyurutkan rasa nasionalisme untuk memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 73 digelar di kawasan wisata internasional Gili Tarawangan, Kabupaten Lombok Utara (KLU), Jumat (17/8).

 

Kali ini, para relawan bersama anggota TNI/Polri secara bersama-sama membentangkan bendera merah putih sepanjang 73 meter di pinggir pantai Gili Trawangan. Warga masyarakat dan pelaku pariwisata lainnya pun ikut serta dalam memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke-73 ini.

Pesta perayaan kemerdekaan ini diinisiasi  oleh Direktorat Objek Vital (Obit) Polda Nusa Tenggara Barat. “Kita coba sengaja menggelar upacara detik-detik proklamasi di Gili Trawangan sebagai ikon kebangkitan pariwisata di NTB setelah diterjang bencana," kata Direktur Pam Obvit Polda NTB, Kombes Pol Gatut Kurniadin.

Gatut Kurniawan selaku penanggung jawab keamanan kawasan wisata tiga Gili mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bukti untuk menunjukkan kepada masyarakat dunia jika wisata Lombok dan Gili tetap dalam keadaan aman dan nyaman untuk dikunjungi.

Ditambahkan Gatut, upacara ini juga bisa sebagai bentuk trauma healing bagi masyarakat setempat. "Agar masyarakat pariwisata bisa kembali bangkit menata hidup dan menatap masa depan yang lebih baik. Sembari agar trauma gempa bisa hilang dengan sendirinya," pungkasnya.


 

Reporter: Hernawardi
Editor: Birny Birdieni

Birny Birdieni
17-08-2018 19:01